Logo BaliMobi
Logo BaliMobi



Cara Membuat Aplikasi Ojek Online Seperti Gojek

By BaliMobi on Selasa, 18 Juni 2019
Cara Membuat Aplikasi Ojek Online Seperti Gojek

Bagaimana cara membuat aplikasi ojek online seperti gojek? Berapa biaya pembuatan aplikasi ojek online seperti gojek? Mungkin banyak diantara anda memiliki pertanyaan seperti itu. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kali ini kami akan berbagi informasi terkait cara buat aplikasi seperti gojek dengan fitur standar pada aplikasi ojek online.

Cara Membuat Aplikasi Ojek Online Seperti Gojek

Sebelum membahas cara membuat aplikasi ojek online, berikut ini merupakan fitur standar yang umumnya terdapat pada aplikasi seperti gojek. Fitur-fitur dibawah ini merupakan fitur pada aplikasi pengguna ojek online :
  1. Sign Up / Pendaftaran
  2. Sign In
  3. Recover Password / Lupa Password
  4. Layanan Ojek Online( Naik Ojek, Naik Taxi, Antar Barang / Kurir, Beli Makanan, Jasa BelanjaService AC, Rental Mobil, dll)
  5. Buat / Batalkan Pesanan
  6. Tentukan Lokasi (Lokasi Penjemputan dan Lokasi Tujuan)
  7. Pencarian Lokasi (Misal : Mencari Nama Jalan)
  8. Pilih Rumah Makan / Toko
  9. Pilih Menu / Barang Belanjaan
  10. Lihat Lokasi Driver / Status Pesanan Secara Langsung
  11. Telp / SMS / Chat Driver
  12. Tagihan / Invoice
  13. Beri Rating dan Kirim Saran Kepada Driver
  14. Lihat Lokasi Driver Terdekat
  15. Lihat Promo Terbaru
  16. Riwayat Pesanan
  17. Kirim Saran
  18. Share Aplikasi
  19. Tentang Aplikasi
  20. Notifikasi

Selain fitur pada aplikasi pengguna, ada juga beragam fitur pada aplikasi pengemudi / driver ojek online. Dengan aplikasi driver, seorang pengemudi ojek online / taxi online bisa menerima orderan dan memberikan layanan kepada pengguna ojek online.

Agar dapat mengimplementasikan fitur-fitur tersebut kedalam sebuah aplikasi ojek online, diperlukan beberapa kemampuan programming. Dalam hal database ada beberapa jenis database yang bisa digunakan, misal MySQL. Pada sisi server bisa menggunakan beberapa bahasa pemrograman, salah satunya PHP. Aplikasi android ojek online user ataupun aplikasi android ojek online driver, umumnya dikembangkan menggunakan Android Studio dengan Java / Kotlin. Sementara aplikasi ojek online IOS yaitu aplikasi ojek online untuk perangkat Iphone umumnya dikembangkan menggunakan XCode dengan Swift.

Selanjutnya server, database, web admin, aplikasi user dan aplikasi driver akan saling terintegrasi sehingga dapat berfungsi sebagai satu kesatuan sistem ojek online yang biasa anda gunakan sehari-hari. Proses membuat aplikasi ojek online memang rumit dan membutuhkan banyak kemampuan berbeda. Untuk itu umumnya pembuatan aplikasi ojek online mirip Gojek dibuat oleh sebuah tim. Jika membuat sendiri tentu akan sangat sulit, terlebih jika anda tidak memiliki semua kemampuan yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi ojek online, maka bukan tidak mungkin aplikasi ojek online yang dibuat justru tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Cara Lain Membuat Aplikasi Seperti Gojek

Setelah mengerti cara membuat aplikasi gojek, apakah anda masih ingin membuat aplikasi ojek seperti gojek? Tenang, berikut ini ada beberapa solusi lain yang bisa dipertimbangkan dalam buat aplikasi online mirip gojek.
  1. Beli Source Code Pihak Lain
    Saat ini ada beberapa website menjual source code aplikasi ojek online. Bahkan pada marketplace dalam negri, source code aplikasi ojek online dijual sangat murah. Umumnya penjual membeli source code dari luar negri kemudian menjualnya kembal di marketplace dalam negri. Jika kami analogikan, membeli source code seperti "Nyontek PR Teman". Anda mencontek sambil anda bedakan sedikit-sedikit, padahal tidak mengerti apa yang sebenarnya sedang dibuat, yang penting pada akhirnya PR selesai. Apakah PR tersebut benar atau salah? anda juga tidak tahu.
    Kelebihan : Harga sangat murah.
    Kekurangan : Hanya bisa reskin (mengganti logo, ikon dll). Dokumentasi seringkali tidak lengkap. Alur program membingungkan. Banyak bugs dan penanganan bugs sangat sulit jika ditangani sendiri. Jangan harap bisa mengupdate sendiri agar kompatibel pada OS terbaru.
  2. Minta Pihak Lain Mengedit Source Code Yang Sudah Anda Beli
    Ini sedikit lebih mudah dibanding mengedit sendiri source code orang lain. Anda tidak perlu sibuk membaca dokumentasi, yang penting terima jadi saja. Tapi apakah pihak lain tersebut mengerti source code yang anda beli? Atau sama saja dengan kemampuan anda saat ini?
    Kelebihan : Biaya relatif murah (meskipun menjadi sedikit lebih mahal karena disamping membeli source code, masih harus membayar jasa pihak lain untuk mengedit)
    Kekurangan : Hanya bisa reskin (mengganti logo, ikon dll). Banyak bugs dan penanganan bugs sangat sulit jika ditangani sendiri. Keamanan meragukan karena ada campur tangan pihak lain.
  3. Gunakan Aplikasi Pembuat Aplikasi Ojek Online
    Saat ini terdapat aplikasi yang bisa digunakan membuat aplikasi ojek online. Aplikasi ini sebenarnya digunakan untuk membantu anda "mengedit" source code yang sudah ada sehingga anda merasa seolah sudah membuat sendiri aplikasi ojek online tersebut. Bedanya adalah tidak mendapat source code, hanya mendapat aplikasi yang sudah jadi dan itupun masih harus dikenakan biaya bulanan / berlangganan.
    Kelebihan : Biaya bulanan murah dan proses edit mudah (meskipun terbatas).
    Kekurangan :Bisa custom tapi terbatas. Aplikasi yang anda terima sudah jadi sehingga tidak mengerti alur kerja aplikasi, tidak bisa menangani bugs, tidak bisa mengupdate sendiri. Mau tambah fitur? Harap bersabar! Anda harus menunggu sampai fitur yang diinginkan ada pada "aplikasi edit".
  4. Menggunaka Jasa Pembuatan Aplikasi Ojek Online
    Ini pilihan paling bijak jika ingin serius membuka usaha ojek online. Memang ada harga ada kualitas. Jika ingin kualitas yang bagus tentu anda mengerti ada harga wajar yang harus dibayar.
    Kelebihan : Mau tambah fitur? tinggal pesan. Kualitas aplikasi tidak perlu diragukan. Ada bugs? Tinggal lapor langsung diperbaiki. Ada android versi terbaru? update selalu tersedia. Mau kerjasama jangka panjang? bisa banget!
    Kekurangan : Ada harga, ada kualitas. bersiaplah membayar dengan harga wajar.

Cara Terbaik Membuat Aplikasi Ojek Online

Jika anda berencana membuka usaha ojek online selama beberapa bulan saja, atau hanya membuka usah ojek online kecil-kecilan saja, membeli aplikasi murah merupakan pilihan yang paling bijak. Anda mungkin akan rugi, tapi ruginya tidak sedikit. Kalaupun untung, untungnya juga sedikit.
Sementara jika anda serius membuka usaha ojek online dan ingin membuka cabang diseluruh Indonesia maka investasi pada aplikasi berkualitas sangat kami rekomendasikan. Selebihnya pilihan ada di tangan anda. Sukses atau tidaknya usaha ojek online tergantung dari kemampuan anda sebagai pengusaha, termasuk kemampuan dalam memilih aplikasi ojek online.

Biaya Pembuatan Aplikasi Ojek Online

Beragam pengembangan dan penambahan fitur yang kami lakukan pada aplikasi ojek online terbaru membuat aplikasi tersebut memiliki fitur-fitur up to date dan tentunya berani bersaing dengan aplikasi ojek online daerah yang sudah lebih dahulu ada. Aplikasi ojek online generasi ke 5 ini akan kami pasarkan mulai dari 80 juta rupiah.
  1. Aplikasi Android Untuk User
  2. Aplikasi Android Untuk Driver
  3. Aplikasi Android Untuk Merchant (Merchant Food & Merchant Mart)
  4. Web Administrator
  5. Domain (*.com selama satu tahun)
  6. Cloud VPS (selama satu tahun)
  7. Akun Developer di Google Playstore
  8. Buku Panduan Penggunaan
Sebagai developer aplikasi ojek online, BaliMobi ingin menghadirkan kemudahan dalam menjalankan usaha. Untuk itu aplikasi ojek online yang kami kembangkan sudah satu paket dan siap pakai. Anda juga akan mendapatkan buku panduan penggunaan web administrator, aplikasi driver dan aplikasi merchant sehingga bisa menggunakan sistem kami dengan maksimal.

Lama Pembuatan Aplikasi Ojek Online

Estimasi lama waktu membuat aplikasi ojek online dengan fitur standar sekitar 2 s/d 6 minggu. Proses pembuatan akan menjadi lebih lama jika kami sedang full order. Project yang deal lebih dahulu akan kami kerjakan lebih dahulu sehingga kemungkinan anda perlu mengantri. Semakin cepat memesan akan semakin baik. Proses pembuatan juga akan menjadi lebih lama jika memesan tambahan fitur ataupun custom aplikasi.

Jasa Pembuatan Aplikasi Ojek Online Seperti Gojek

BaliMobi merupakan Jasa Pembuatan Ojek Online Seperti Gojek, Aplikasi Android, Aplikasi IOS dan Website. BaliMobi menyediakan Jasa Pembuatan Aplikasi Ojek Online serta beragam aplikasi berkualitas lainnya. BaliMobi sebagai Developer Aplikasi Ojek Online telah berpengalaman dalam membuat Aplikasi Ojek Online Seperti Gojek dan beragam aplikasi android yang user friendly, tampil beda serta berkualitas sehingga mampu memberikan solusi terbaik untuk Anda. Percayakan pembuatan aplikasi Anda kepada BaliMobi dan dapatkan segala kelebihan yang kami tawarkan.

 





BaliMobi merupakan penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Android, Aplikasi IOS dan Website. BaliMobi menawarkan kualitas layanan yang Handal, Cepat dengan Biaya Terjangkau.

Telp:0877 6272 1414
WA:0877 6272 1414
Email:info@balimobi.com
Alamat:
Jln. Damai, Gg. Kamboja No 22
Ds. Kalibukbuk, Kab. Buleleng
Bali - Indonesia

ARTIKEL TERBARU


Aplikasi Ojek Online IOS Iphone Dan Ipad Aplikasi Ojek Online IOS Iphone Dan Ipad

Pembuatan Aplikasi Ojek Online Versi 5 Pembuatan Aplikasi Ojek Online Versi 5

Pembuatan Aplikasi Ojek Online Versi 4 Pembuatan Aplikasi Ojek Online Versi 4

Pertanyaan Seputar Aplikasi Ojek Online BaliMobi Pertanyaan Seputar Aplikasi Ojek Online BaliMobi

Cara Membuat Aplikasi Ojek Online Seperti Gojek Cara Membuat Aplikasi Ojek Online Seperti Gojek




BALIMOBI INDONESIA © 2020