Logo BaliMobi
Logo BaliMobi



Sumber Keuntungan Usaha Ojek Online

By BALIMOBI on Senin, 27 Januari 2020
Sumber Keuntungan Usaha Ojek Online

Darimana sumber keuntungan usaha ojek online? Seiring bertambahnya usaha ojek online di berbagai daerah di Indonesia, kami semakin sering mendapat pertanyaan tersebut. Banyak pengusaha yang ingin membuka usaha ojek online, tetapi belum tahu apa saja sumber keuntungan dari usaha ojek online. Pada kesempatan ini kami akan menjelaskan beberapa sumber keuntungan usaha ojek online.

Sumber keuntungan dari usaha ojek online sangat bergantung dari model bisnis yang digunakan. Kami berusaha merancang agar aplikasi ojek online yang kami kembangkan dapat mengcover sebanyak mungkin model bisnis yang umum digunakan. Hal ini membuat aplikasi ojek online kami dapat digunakan dengan lebih fleksibel sesuai dengan berbagai model bisnis perusahaan ojek online. Ada beberapa sumber keuntungan yang bisa didapatkan dari usaha transportasi online yaitu:

  1. Bagi Hasil Dengan Driver
    Bagi hasil dengan driver awalnya merupakan sumber keuntungan utama dari usaha ojek online. Setiap perusahaan menerapkan aturan pembagian hasil yang berbeda, misalnya 80:20. Pada aturan pembagian hasil 80:20 maka mitra driver mendapatkan bagian 80% dan pihak perusahaan ojek online mendapatkan bagian 20% dari keuntungan layanan ojek online.

  2. Sewa Aplikasi Oleh Driver
    Disamping bagi hasil, beberapa perusahaan juga ada yang menerapkan sistem sewa. Pada sistem sewa, driver membayar sewa aplikasi setiap bulannya kepada perusahaan. Karena sudah membayar sewa maka keuntungan layanan ojek online sepenuhnya menjadi milik driver (tidak melakukan bagi hasil dengan perusahaan)

  3. Fee Driver Prioritas
    Fee driver prioritas adalah biaya yang dibayar oleh driver kepada perusahaan untuk dapat diprioritaskan dalam mendapat order. Tujuanya tentu saja supaya driver prioritas diberikan lebih banyak order oleh perusahaan ojek online dibandingkan driver reguler atau non-prioritas.

  4. Fee Order
    Jika sebelumnya perusahaan ojek online mendapat penghasilan dari bagi hasil dengan driver, saat ini perusahaan ojek online sudah terang-terangan membebankan fee order kepada pelanggan. Hal ini dilakukan dengan alasan untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan.

  5. Fee Merchant
    Disamping bagi hasil dengan mitra driver, fee merchant merupakan salah satu sumber keuntungan yang paling potensial pada usaha ojek online. Fee merchant merupakan biaya yang dibebankan kepada merchant seperti rumah makan ataupun toko yang menjual produk melalui aplikasi. Fee merchant umumya dilakukan dengan menaikkan harga produk pada aplikasi dibanding harga asli di toko tersebut. Jadi pada akhirnya yang membayar fee merchant tetap user/pelanggan.
    Sebagai contoh jika harga asli bakso di rumah makan Pak Mamat sebesar RP. 10.000 / porsi, maka pada aplikasi harga bakso tersebut naik menjadi Rp. 11.000 / porsi. Nilai Rp. 1.000 tersebut ditambahkan sebagai fee merchant yang merupakan keuntungan perusahaan ojek online.
    Fee merchant merupakan sumber penghasilan usaha ojek online yang paling potensial karena umumnya user / pelanggan membeli lebih dari satu item makanan atau barang. Jika setiap item di mark up senilai 2.000 dan pelanggan membeli 5 item, maka perusahaan mendapat keuntungan 10.000 dari fee merchant tsb.

  6. Fee Merchant Prioritas (Gold Merchant)
    Merchant prioritas atau yang sering disebut gold merchant, preferred merchant ataupun power merchant adalah merchant-merchant yang membayar untuk dapat di prioritaskan oleh sistem ojek online. Yang dimaksud dengan di prioritaskan misal ditampilkan lebih diatas pada list / daftar dibandingkan merchant lain. Tujuannya adalah jika merchant lebih sering tampil dan ditampilkan diatas maka merchant tersebut akan mendapat lebih banyak order. Cara ini sudah sejak lama digunakan pada berbagai merketplace di Indonesia.

  7. Fee Cabang
    Wilayah Indonesia yang sedemikian luas membuat satu perusahaan ojek online bisa membuka banyak cabang di berbagai daerah. Agar lebih mudah dalam mejalankan usaha di daerah maka perusahaan ojek online seringkali membuka usaha dengan sistem rekanan / waralaba. Caranya yaitu dengan memberikan kesempatan pengusaha di daerah menjadi pemilik cabang usaha ojek online di daerahnya masing masing. Dengan sistem rekanan / waralaba maka pengusaha di daerah tidak perlu membuat aplikasi baru, membuat logo, branding dan lain sebagainya. Pengusaha di daerah cukup menjadi cabang usaha yaitu menjalankan usaha ojek online di daerahnya masing-masing menggunakan aplikasi yang sudah ada. Agar dapat menjadi cabang usaha ojek online maka digunakan mekanisme seperti bagi hasil ataupun sewa bulanan antara perusahaan ojek online cabang dengan perusahaan ojek online pusat.

  8. Ojek Online Sebagai Media Promosi
    Usaha ojek online yang memiliki banyak driver dan user/pelanggan tentu memiliki potensi untuk menjadi media promosi. Jika pengusaha ojek online kreatif maka ada banyak cara untuk menghasilkan keuntungan dari media promosi tersebut.

    1. Slide Promo
      Merchant seperti rumah makan ataupun toko tentu ingin produk mereka laku. Untuk itu pengusaha ojek online dapat menyewakan slide promo yang ada pada aplikasi kepada merchant tsb. Slide promo merupakan media bagi merchant untuk melakukan promosi di dalam aplikasi ojek online. Dengan mempromosikan produk ataupun usaha menggunakan slide promo, merchant akan berpeluang mendapat lebih banyak order.

    2. Notifikasi Promo
      Tidak hanya pada slide promo, merchant juga bisa melakukan promosi dengan mengirimkan notifikasi promosi pada aplikasi user. Tentunya jika merchant ingin menggunakan layanan notifikasi tersebut maka merchant akan dikenakan biaya oleh pihak perusahaan.

    3. Papan Iklan Pada Kendaraan Driver
      Pada beberapa perusahaan memiliki kebijakan dimana pada kendaraan driver dilengkapi dengan papan iklan. Papan iklan ini akan menjadi media promosi bagi perusahaan yang bekerjasama dengan perusahaan ojek online. Dibanding mengiklan pada billboard di pinggir jalan, tentu akan lebih menguntungkan jika mengiklan pada motor driver. Motor driver yang bergerak melayani order akan lebih banyak dilihat orang di jalan daripada billboard yang hanya diam di satu tempat saja.

  9. Ads / Iklan Pada Aplikasi
    Meskipun terbilang jarang digunakan, ads/iklan merupakan sumber keuntungan tambahan bagi perusahaan ojek online. Ads/Iklan ditambahkan pada aplikasi ojek online. Untuk aplikasi android umumnya menggunakan layanan AdMob sebagai penyedia iklan. Keuntungan dari ads umumnya berupa pay per click dimana perusahaan ojek online akan mendapat keuntungan dari iklan yang di klik oleh user.

  10. Atribut Ojek Online
    Dalam bekerja memberikan layanan ojek online, umumnya para driver ojek diwajibkan menggunakan atribut dari perusahaan seperti jaket dan helm. Pada beberapa perusahaan, jaket dan helm tersebut harus dibeli oleh pihak driver baik secara langsung, angsuran dan lain lain. Penjualan atribut seperti jaket dan helm ini bisa menjadi salah satu sumber keuntungan usaha ojek online.

  11. Kerjasama Dengan Pihak Ketiga
    Ada beberapa kerjasama yang bisa dilakukan perusahaan ojek online yang tentunya bisa memberikan keuntungan bagi perusahaan. Misalnya kerjasama dengan perusahaan penyedia perangkat ponsel, provider seluler/internet, bengkel dll. Dengan mengarahkan driver untuk menggunakan layanan perusahaan tertentu, maka perusahaan pihak ketiga tersebut akan mendapat kemudahan dalam menjual produk ataupun jasa mereka.

Demikian beberapa sumber keuntungan usaha ojek online. Tentunya jika pengusaha lebih kreatif dan inovatif maka akan ada lebih banyak lagi sumber keuntungan bagi usaha ojek online. Dari penjelsana kami diatas bisa anda lihat bahwa sumber keuntungan usaha ojek online tidak hanya terbatas pada lini bisnis utama seperti pembagian hasil dengan driver saja. Jadi jangan heran jika perusahaan ojek online bisa memberikan biaya yang kompetitif ataupun subsidi bagi pelanggan mereka. Keuntungan yang sedemikian besar menjadi daya tarik yang sangat sayang untuk dilewatkan. Itulah alasan mengapa banyak pengusaha di daerah ingin membuka usaha dibidang transportasi online. Jadi jangan heran jika sampai saat ini saja sudah ada 22 perusahaan yang menggunakan aplikasi ojek online karya BaliMobi.

Apakah anda sudah siap menjadi pengusaha sukses dibidang ojek online? Percayakan pembuatan aplikasi ojek online anda pada BaliMobi. Kami sudah berpengalaman dalam mengembangkan aplikasi ojek online berkualitas. Saat ini aplikasi ojek online sudah digunakan oleh 22 perusahaan, puluhan ribu driver dan ratusan ribu user di seluruh Indonesia. Tunggu apa lagi? Pesan sekarang juga!


Youtube Sumber Keuntungan Usaha Ojek Online






BALIMOBI merupakan penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Android, Aplikasi IOS dan Website. BALIMOBI menawarkan kualitas layanan yang Handal, Cepat dengan Biaya Terjangkau.

Telp:0877 6272 1414
WA:0877 6272 1414
Email:info@balimobi.com
Alamat:
Jln. Damai, Gg. Kamboja No 22
Ds. Kalibukbuk, Kab. Buleleng
Bali - Indonesia

ARTIKEL TERBARU


Pembuatan Aplikasi Ojek Online Versi 6 Pembuatan Aplikasi Ojek Online Versi 6

Cara Setting Android 12 Biar Order Ojek Online Makin Gacor Cara Setting Android 12 Biar Order Ojek Online Makin Gacor

Tips Cara Membeli Aplikasi Android Dan Aplikasi IOS Tips Cara Membeli Aplikasi Android Dan Aplikasi IOS

Kapan Dan Berapa Lama Hingga Usaha Ojek Online Balik Modal Kapan Dan Berapa Lama Hingga Usaha Ojek Online Balik Modal

Rincian Biaya Membuka Usaha Ojek Online Rincian Biaya Membuka Usaha Ojek Online


Whatsapp BALIMOBI