Jasa Buat Aplikasi Android iOS
Jasa Buat Aplikasi Android iOS



Jasa Pembuatan Sistem Pakar Berbasis Android

By BALIMOBI
Jasa Pembuatan Sistem Pakar Berbasis Android

Pakar adalah orang yang memiliki kemampuan atau mengerti dalam menghadapi suatu masalah. Lewat pengalaman, seorang pakar mengembangkan kemampuan yang membuatnya dapat memecahkan permasalahan dengan hasil yang baik dan efisien Sistem Pakar merupakan perangkat lunak atau paket program komputer yang ditujukan sebagai penyedia nasihat dan sarana bantu dalam memecahkan masalah di bidang-bidang tertentu. Sebut saja seperti Sistem Pakar diagnosis kerusakan komputer, diagnosis penyakit dan lain sebagainya.

Dengan kata lain, Sitem Pakar merupakan usaha memindahkan kepakaran yang dimiliki seorang Pakar menjadi sebuah perangkat lunak. Tujuannya tentu saja untuk membuat kepakaran lebih bermanfaat bagi banyak orang. Selain itu kemampuan seorang Pakar akan berkurang dan menghilang ketika Pakar tersebut bertambah tua atau meninggal dunia. Untuk itu kepakaran seorang Pakar perlu disimpan dalam suatu perangkat lunak sehingga dari waktu ke waktu dapat bermanfaat bagi banyak orang.

Sistem pakar harus memiliki dua modul utama untuk dapat berfungsi sebagai mana mestinya.

  1. Knowledge base berisi pengetahuan yang mengkhususkan pada area permasalahan seperti yang diberikan oleh seorang pakar. Knowledge base terdiri dari fakta-fakta yang dipersoalkan, rules dan konsep-konsep.
  2. Inference engine adalah pengolah pengetahuan yang meniru pemikiran/pertimbangan dari pakar. Suatu engine bekerja dengan informasi yang tersedia pada permasalahan yang diberikan, bergandengan dengan pengetahuan yang disimpan pada knowledge base, untuk menarik kesimpulan atau rekomendasi.

Sistem Pakar Berbasis Android

Seiring perkembangan teknologi, kini spesifikasi hardware smartphone khususnya android menjadi kian mumpuni. Pengembangan aplikasi sistem pakar juga sudah dimungkinkan untuk dapat dikembanglan manjadi aplikasi sistem pakar berbasis android. Saat ini sistem pakar berbasis android sudah banyak dikembangkan untuk membantu pengguna smartphone android dalam mengatasi permasalahan tertentu. Misalnya seperti sistem pakar kerusakan sepeda motor berbasis android, sistem pakar diagnosis penyakit berbasis android dan lain sebagainya.

Dengan kelebihan android dalam hal mobilitas, aplikasi sistem pakar berbasis android akan sangat membantu pengguna aplikasi. Aplikasi sistem pakar berbasis android memiliki kelebihan yaitu dapat digunakan dimana saja dan kapan saja. Tentu hal itu tidak ada pada aplikasi sistem pakar untuk desktop ataupun web based. Itulah alasan mengapa saat ini banyak dikembangkan aplikasi sistem pakar untuk smartphone android.

Ada beberapa model sistem pakar yang bisa dikembangkan pada perangkat mobile berbasis Android khususnya jika dilihat dari sisi database. Model tersebut diantaranya,

  1. Database Offline
    Pada model ini, database disimpan dalam aplikasi yaitu dengan SQLite. Kelebihanya ialah dapat digunakan secara offline dan tentu saja akan menghemat penggunaan koneksi internet. Akan tetapi penggunaan database offline juga memiliki kelemahan yaitu dalam hal update informasi. Data dalam Sistem Pakar sebaiknya di update untuk memastikan data kepakaran yang digunakan up to date. Pada database offline user harus melakukan uninstall aplikasi kemudian menginstall aplikasi yang baru tiap kali ada update data sebab aplikasi dan database merupakan satu kesatuan. Hal ini tentu akan sangat merepotkan bila proses update data sering dilakukan.
  2. Database Online
    Pada model ini, database disimpan dalam suatu server. Aplikasi dibangun untuk bekerja secara online (client-server) dimana aplikasi Android bertindak sebagai client. Model ini menjawab kelemahan model database offline sebab proses update data dapat dilakukan dengan mudah. seorang Administrator cukup merubah data yang ada di server maka semua client akan dapat menikmati data baru tersebut. Akan tetapi model ini juga masih memiliki kelemahan sebab Sistem Pakar harus menggunakan koneksi internet saat mengakses data yang ada di server.
  3. Kombinasi Offline dan Online
    Model ini merupakan model yang paling banyak dikembangkan. Sistem Pakar dapat digunakan secara offline yang merupakan kelebihan pada penggunaan model Database Offline. Untuk mengatasi kelemahan pada penggunaan database offline, pada model kombinasi offline dan online ini Sistem Pakar dilengkapi dengan mekanisme update database. Konsepnya terbilang sederhana yaitu mirip dengan proses update database pada antivirus. Database yang ada pada aplikasi dilengkapi dengan versi database, kemudian setiap kali aplikasi dibuka maka aplikasi akan melakukan pengecekan ke server untuk mengecek adanya database baru pada server. Bila database yang ada pada server lebih baru daripada database yang dimiliki client maka user dapat melakukan proses update database tanpa harus meng-unisntall aplikasi. Proses download dan penggantian database lama dengan database baru sepenuhnya dilakukan oleh Sistem secara otomatis. Dengan model ini, aplikasi tetap bisa digunakan secara offline dan disaat yang bersamaan user tidak perlu takut terkait update database sebab client bisa segera mengupdate database ketika memiliki koneksi internet.

Biaya Pembuatan Sistem Pakar Berbasis Android

Biaya pembuatan aplikasi sistem pakar berbasis android tergantung dari spesifikasi aplikasi yang akan dikembangkan. Informasi berikut ini akan memberikan anda gambaran faktor-faktor yang mempengaruhi biaya pembuatan aplikasi sistem pakar berbasis android
  1. Spesifikasi Aplikasi
    Dalam hal ini yaitu tingkat kerumitan aplikasi serta fitur-fitur yang ada di dalamnya. Misalnya dalam hal algoritma yang digunakan serta besarnya data sistem pakar yang perlu diproses pada aplikasi. Semakin rumit aplikasi sistem pakar yang dikembangkan, biaya pembuatan aplikasi sistem pakar berbasis android menjadi semakin besar.
  2. Waktu Pengerjaan
    Lamanya waktu yang disediakan klien juga menjadi faktor penentu besarnya biaya pembuatan aplikasi android. Semakin sedikit waktu yang diberikan klien maka kami akan membutuhkan lebih banyak tenaga kerja sehingga biaya juga akan semakin besar. Terlebih pada data basis pengetahuan yang besar, tentu peroses mengubah pengetahuan pakar menjadi basis pengetahuan sistem pakar akan semakin lama.
  3. Layanan Pihak Ketiga
    Layanan yang kami maksud adalah keberadaan pihak ketiga khususnya dalam hal domain dan hosting. Untuk sistem pakar dengan model client-server tentu membutuhkan hosting untuk menyimpan data pengetahuan sistem pakar android. Biaya ini tergantung dari fitur, fungsi aplikasi serta ukuran data.
  4. Integrasi Aplikasi
    Dalam pembuatan aplikasi android model client server perlu dibuatkan back panel pada server. Misalnya sebuah web yang digunakan untuk mengolah data di server. Tentunya biaya akan menjadi lebih besar karena selain aplikasi android, kami juga harus membuatkan web administrator untuk mengolah data pengetahuan sistem pakar berbasis android.

Jasa Pembuatan Sistem Pakar Berbasis Android

Demikian beberapa informasi sistem pakar berbasis android yang bisa anda kembangkan pada perangkat mobile berbasis Android. Dan bagi anda yang ingin mengembangkan aplikasi sistem pakar berbasis android, anda dapat mempercayakan aplikasi sistem pakar tersebut pada baliMobi. Kami sudah berpengalaman dalam mengembangkan aplikasi android berkualitas seperti sistem pakar berbasis android. Ingin membuat Sistem Pakar berbasis Android? Percayakan pembuatan aplikasi Anda pada BaliMobi dan dapatkan semua kelebihan yang kami tawarkan.






BALIMOBI merupakan penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Android, Aplikasi IOS dan Website. BALIMOBI menawarkan kualitas layanan yang Handal, Cepat dengan Biaya Terjangkau.

Telp:0877 6272 1414
WA:0877 6272 1414
Email:info@balimobi.com
Alamat:
Jln. Damai, Gg. Kamboja No 22
Ds. Kalibukbuk, Kab. Buleleng
Bali - Indonesia

ARTIKEL TERBARU


Pembuatan Aplikasi Ojek Online Android IOS Versi 8 Pembuatan Aplikasi Ojek Online Android IOS Versi 8

Aplikasi Ojek Online Android IOS Paket Bronze Aplikasi Ojek Online Android IOS Paket Bronze

Aplikasi Ojek Online Android IOS Paket Silver Aplikasi Ojek Online Android IOS Paket Silver

Aplikasi Ojek Online Android IOS Paket Gold Aplikasi Ojek Online Android IOS Paket Gold

Jasa Pembuatan Aplikasi Ojek Online Profesional Skala Nasional Jasa Pembuatan Aplikasi Ojek Online Profesional Skala Nasional


Whatsapp BALIMOBI
Whatsapp BALIMOBI