Jasa Buat Aplikasi Android iOS
Jasa Buat Aplikasi Android iOS



Jasa Pembuatan Kalender Bali Berbasis Android

By BALIMOBI
Jasa Pembuatan Kalender Bali Berbasis Android

Tentu anda sudah tahu apa itu kalender. Kalender adalah suatu sistem pemberian nama pada sebuah periode waktu. Penamaan atas periode waktu ini bisa didasarkan dari gerakan-gerakan benda angkasa seperti bulan atau perjanjian/persetujuan. Masing-masing budaya biasanya memiliki sistem kalender sendiri. Umumnya kalender yang kita gunakan adalah Kalender Masehi(Kalender Internasional). Selain kalender masehi juga ada yang disebut Kalender Bali.

Kalender Bali atau Kalendar Caka Bali sangat penting dalam kehidupan masyarakat Bali. Hari raya agama Hindu ditetapkan berdasarkan Kalender Caka, begitu pula dengan piodalan pura-pura di Bali. Hari baik untuk berbagai keperluan juga sangat bergantung pada Tahun Caka. Kalender Caka sendiri merupakan kalender Luni-Solar atau sistem kalender yang menggunakan dasar perputaran matahari dan bulan sebagai dasar penentuan periode waktunya. Kalender Caka telah dirangkum dan dibuat dalam edisi cetakan yaitu yang sering kita gunakan sebagai orang Bali.

Kalender Bali Berbasis Android

Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, Kalender Bali tidak hanya dibuat dalam versi cetak namun juga dapat dikembangkan dalam bentuk aplikasi khususnya Aplikasi Android. Konsepnya cukup sederhana, yaitu dengan mengikuti aturan-aturan Kalender Bali sehingga dapat memberikan informasi penanggalan Bali sesuai dengan Kalender Caka Bali yang terdiri dari Wuku, Wewaran, Sasih, Purnama serta Tilem. Aturan aturan tersebut lalu disesuaikan menjadi bentuk algoritma untuk nantinya diimplementasikan dan dilakukan penyesuaian dengan Kalender Masehi.

Dengan begitu Kalender Bali tidak lagi hanya dalam bentuk cetak tetapi bisa menjadi lebih bermanfaat dalam bentuk aplikasi android yang bisa diinstall di perangkat android kalian. Aplikasi Kalender Bali Berbasis Android juga memiliki kelebihan sebab sudah dapat memberikan informasi untuk beberapa tahun kedepan, berbeda dengan kalender bali versi cetak yang baru dibuat bila sudah mendekati akhir tahun.

Pengembangan aplikasi Kalender Bali Berbasis Android terbilang cukup luas. Pengembangan tersebut mencakup fitur fitur yang memberikan informasi yang berhubungan dengan Kalender Bali. Fitur fitur tersebut diantaranya:

  1. Info Wuku
    Wuku merupakan sebuah siklus waktu yang berlangsung selama 30 minggu dimana 1 wuku berumur 7 hari, sehingga siklus wuku terdiri dari 210 hari.
  2. Info Sasih
    Sasih dalam kelender Masehi disebut bulan. Sama seperti kalender masehi, sasih juga berjumlah 12. Akan tetapi ada aturan penampih sasih yaitu Mala Jiyestha dan Mala Sadha sehingga pada kondisi tertentu, sasih seperti berjumlah 13 dalam satu tahun.
  3. Info Wewaran
    Informasi wewaran dalam suatu tanggal mulai dari Ekawara hingga Dasawara.
  4. Info Purnama dan Tilem
    Informasi tanggal hari Purnama dan Tilem
  5. Info Hari Raya Hindu
    Informasi tanggal suatu hari raya : Rerahinan, odalan dan lain lain. Umumnya dengan menggunakan aturan triwara-pancawara, saptawara-pancawara, saptawara-pancawara-wuku.
  6. Info Hari Nasional
    Informasi hari hari besar nasional sesuai kalender masehi.
  7. Info Otonan
    Otonan yang merupakan peringatan hari kelahiran berdasarkan satu tahun wuku, yakni : 6 bulan x 35 hari = 210 hari. Dengan algoritma yang tepat, kita bisa mengetahui tanggal-tanggal jatuhnya otonan seseorang bahkan untuk beberapa tahun kedepan.

Disamping fitur fitur diatas, tentu masih banyak fitur yang bisa ditambahkan, seperti reminder/pengingat hari hari tertentu misalnya hari otonan, tanggal jatuhnya hari raya/odalan dan lain lain.

Jasa Pembuatan Aplikasi Kalender Bali Berbasis Android

Membuat aplikasi android dengan topik budaya lokal seperti kalender bali berbasis android terbilang tidak mudah. Disamping harus mengerti aturan-aturan Kalender Bali juga harus dapat mengaplikasikan aturan tersebut ke dalam bentuk code-code sehingga dapat menjadi aplikasi yang bermanfaat dan mudah digunakan. Tentu hal tersebut tidaklah mudah mengingat kompleksitas kalender bali yang cukup tinggi. Kondisi tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi pengembang untuk dapat menciptakan aplikasi yang disamping bagus dan mudah digunakan tetapi juga dapat bermanfaat.

Oleh karena itu jika anda berencana membuat atau mengembangkan aplikasi kalender bali berbasis android pastikan anda mempercayakan pembuatan aplikasi Kalender Bali berbasis android pada developer aplikasi android yang sudah berpengalaman. BaliMobi sudah berpengalaman dalam membuat aplikasi Kalender Bali berbasis android. Berminat untuk membuat Aplikasi Kalender Bali Android? Percayakan pembuatan aplikasi Kalender Bali Android anda hanya kepada BaliMobi.






BALIMOBI merupakan penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Android, Aplikasi IOS dan Website. BALIMOBI menawarkan kualitas layanan yang Handal, Cepat dengan Biaya Terjangkau.

Telp:0877 6272 1414
WA:0877 6272 1414
Email:info@balimobi.com
Alamat:
Jln. Damai, Gg. Kamboja No 22
Ds. Kalibukbuk, Kab. Buleleng
Bali - Indonesia

ARTIKEL TERBARU


Pembuatan Aplikasi Ojek Online Android IOS Versi 8 Pembuatan Aplikasi Ojek Online Android IOS Versi 8

Aplikasi Ojek Online Android IOS Paket Bronze Aplikasi Ojek Online Android IOS Paket Bronze

Aplikasi Ojek Online Android IOS Paket Silver Aplikasi Ojek Online Android IOS Paket Silver

Aplikasi Ojek Online Android IOS Paket Gold Aplikasi Ojek Online Android IOS Paket Gold

Jasa Pembuatan Aplikasi Ojek Online Profesional Skala Nasional Jasa Pembuatan Aplikasi Ojek Online Profesional Skala Nasional


Whatsapp BALIMOBI
Whatsapp BALIMOBI