Jasa Buat Aplikasi Android iOS
Jasa Buat Aplikasi Android iOS



Jasa Pembuatan Aplikasi Android Least Significant Bit

By BALIMOBI
Jasa Pembuatan Aplikasi Android Least Significant Bit

Setelah kemarin Saya menulis tentang Steganografi pada Android, kali ini Saya akan menulis tentang salah satu metode yang digunakan pada steganografi yaitu LSB atau Least Significant Bit. LSB merupakan bagian dari barisan data biner yang memiliki nilai paling kecil alias yang terletak paling kanan. Sebagai contoh misalnya bilangan biner dari 255 yaitu 11111111. Dari barisan angka 1 tersebut memiliki nilai dari kiri ke kanan yaitu 128|64|32|16|8|4|2|1 sehingga biner 11111111 menjadi 128++64+32+16+8+4+2+1 = 255. Jika belum jelas, silahkan pelajari cara membaca/mengkonversi bilangan biner.

Steganografi Least Significant Bit Pada Android

Pada steagnografi, metode yang digunakan harus bisa menyamarkan keberadaan pesan rahasia sehingga secara kasat mata citra yang telah disisipi pesan rahasia akan sulit dibedakan dengan citra asli. Untuk itulah bit dengan nilai terkecil dijadikan sebagai penyimpan pesan sebab memiliki pengaruh yang paling kecil diantara bit-bit lainya dan itu artinya perubahan pada bit tersebut tidak akan memberi pengaruh yang signifikan pada citra.

Misalkan citra yang digunakan sebagai media penyimpan pesan rahasia memiliki ukuran 200x150 pixel maka citra tersebut memiliki 30.000 pixel. Pada citra RGB, di tiap pixel memiliki 3 element yaitu red, green dan blue. Tiap element berukuran 8 bit. Jika kita menggunakan metode LSB 1 bit untuk tiap element di tiap pixel maka akan terdapat ruang sebanyak 30.000 x 3 bit = 90.000 bit alias 11.250 byte. 90.000 bit ruang tersebut dapat disi dengan pesan rahasia. Dengan menggunakan karakter 7 bit maka citra tersebut mampu menampung 12.857 karakter pesan rahasia. Perubahan 1 bit pada tiap element tidak akan memberi pengaruh yang signifikan pada citra. Hal ini karena pengaruhnya hanya sebatas 1/256 untuk tiap element sehingga secara kasat mata citra yang sudah disisipi pesan dan citra asli tidak dapat dibedakan.

Kombinasi Kriptografi dan Steganografi Pada Android

Dan bila steganografi masih dianggap kurang aman, tentu bisa dilakukan kriptografi terlebih dahulu pada pesan rahasia sebelum disisipkan pada citra. Misal dengan algoritma DES, blowfish, Twofish, AES dan lain lain. Dengan kombinasi antara steganografi dan kriptografi, dapat dipastikan pesan rahasia yang disisipkan akan menjadi lebih aman dari pihak pihak yang tidak berkepentingan.

Kelebihan Steganografi Dengan Metode Least Significant Bit

Steganografi dengan metode LSB sangat baik bila diimplementasikan dalam bentuk aplikasi untuk perangkat mobile, khususnya berupa Aplikasi Android. Hal ini karena metode LSB terbilang cukup sederhana dan tidak memerlukan terlalu banyak sumber daya perangkat. Selain itu smartphone Android memiliki fitur-fitur pendukung dan memang pada dasarnya ditujukan untuk telekomunikasi. Aplikasi steganografi pada smartphone android akan dengan mudah dapat digunakan oleh user/pengguna. Cukup dengan mengambil gambar/citra, menyisipkan pesan dan langsung mengirimnya via MMS atau layanan lainya. Dan dalam waktu singkat, citra lengkap dengan pesan rahasia di dalamnya akan sampai pada perangkat tujuan dengan aman.

Ingin mengirim pesan rahasia pada seseorang? Aplikasi Steganografi Android dengan Metode LSB bisa menjadi jawaban yang tepat atas keinginan Anda. Bagi anda yang ingin membuat aplikasi Steganografi ataupun aplikasi android lainnya, percayakan pada BaliMobi. Kami telah berpengalaman dalam membuat aplikasi android berkualitas. Jadi tunggu apa lagi, percayakan pembuatan Aplikasi Steganografi berbasis Android Anda hanya pada Jasa Pembuatan Aplikasi Android BaliMobi.






BALIMOBI merupakan penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Android, Aplikasi IOS dan Website. BALIMOBI menawarkan kualitas layanan yang Handal, Cepat dengan Biaya Terjangkau.

Telp:0877 6272 1414
WA:0877 6272 1414
Email:info@balimobi.com
Alamat:
Jln. Damai, Gg. Kamboja No 22
Ds. Kalibukbuk, Kab. Buleleng
Bali - Indonesia

ARTIKEL TERBARU


Pembuatan Aplikasi Ojek Online Android IOS Versi 8 Pembuatan Aplikasi Ojek Online Android IOS Versi 8

Aplikasi Ojek Online Android IOS Paket Bronze Aplikasi Ojek Online Android IOS Paket Bronze

Aplikasi Ojek Online Android IOS Paket Silver Aplikasi Ojek Online Android IOS Paket Silver

Aplikasi Ojek Online Android IOS Paket Gold Aplikasi Ojek Online Android IOS Paket Gold

Jasa Pembuatan Aplikasi Ojek Online Profesional Skala Nasional Jasa Pembuatan Aplikasi Ojek Online Profesional Skala Nasional


Whatsapp BALIMOBI
Whatsapp BALIMOBI