Logo BaliMobi
Logo BaliMobi



Tips Cara Membeli Aplikasi Android Dan Aplikasi IOS

By BALIMOBI on Minggu, 3 Oktober 2021
Tips Cara Membeli Aplikasi Android Dan Aplikasi IOS

Bagaimana tips cara membeli aplikasi android , aplikasi IOS dan website untuk perusahaan? Sebelum membeli aplikasi android ataupun aplikasi IOS, ada baiknya anda mengetahui tips membeli aplikasi agar tidak salah beli. Seringkali perusahaan menyesal setelah membeli aplikasi dari developer abal-abal, yaitu ketika mengetahui aplikasi yang diterima tidak sesuai dengan harapan. Agar tidak melakukan kesalahan tersebut, berikut ini tips cara membeli aplikasi android dan aplikasi IOS.

  1. Pastikan developer tersebut memang membuat langsung aplikasi yang dijual.
    Saat ini ada banyak developer abal-abal yang membeli source code / template dari pihak lain. Developer tersebut kemudian hanya sekedar mengganti logo dan ikon saja. Hal ini lebih dikenal dengan istilah “reskin”. Jika kemampuan developer hanya terbatas pada mengganti logo dan ikon saja, bagaimana anda akan melakukan penambahan fitur, penyesuaian ataupun perbaikan pada aplikasi tersebut? Sayang sekali, banyak developer yang ada di Indonesia memang hanya sekedar melakukan reskin. Jadi anda memang harus hati-hati dalam memilih developer.

  2. Pastikan aplikasi dikembangkan menggunkanan IDE resmi.
    Setiap aplikasi dikembangkan atau dibuat menggunakan IDE (Integrated Development Environment). Sederhananya IDE adalah program komputer yang digunakan untuk membuat aplikasi. Kenapa harus menggunakan IDE resmi? Dengan menggunakan IDE resmi maka kelanjutan pengembangan aplikasi akan aman. IDE resmi mendukung penuh semua fitur pada sistem operasi. Hal ini karena sistem operasi dan IDE tersebut dikembangkan oleh perusahaan yang sama. IDE resmi yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi android adalah “Android Studio”. IDE ini langsung dibuat dan dikembangkan oleh pihak Google selaku pemilik sistem operasi Android. IDE resmi untuk mengembangkan aplikasi IOS (Iphone & Ipad) adalah "XCode". XCode dikembangkan langsung oleh Apple selaku pemilik sistem Operasi IOS yang digunakan pada Iphone dan Ipad.

  3. Pastikan aplikasi dikembangkan secara berkelanjutan dan ada update setiap tahun.
    Setiap tahun akan hadir android dan IOS versi terbaru. Itu artinya aplikasi harus di update minimal setiap tahun agar support dengan android / IOS versi terbaru. Jika tidak di update, maka aplikasi tidak akan berjalan optimal. Jadi pastikan aplikasi yang anda pesan dikembangkan secara berkelanjutan dan mendapat update setiap tahun. Anda tentu ingin usaha bisa bertahan lama dan berjalan lancar dalam jangka panjang. Untuk itu sangat penting bagi suatu aplikasi untuk dikembangkan secara berkelanjutan dari waktu ke waktu. Hal ini tidak lepas dari perkembangan teknologi yang bergerak sangat cepat.

  4. Pastikan aplikasi sudah teruji dan digunakan oleh banyak pengguna.
    Untuk mengetahui apakah aplikasi sudah teruji maka anda tinggal melihat portfolio dari developer tersebut. Dari portfolio akan dapat diketahui berapa perusahaan yang sudah menggunakan aplikasi serta berapa puluh ribu atau ratusan ribu pengguna yang sudah menggunakan aplikasi buatan developer tersebut. Semakin lama waktu pengembangan dan semakin banyak pengguna aplikasi, maka aplikasi akan semakin stabil dan bebas kesalahan (bugs). Jika ingin aplikasi yang anda gunakan berfungsi dengan optimal, pastikan untuk membeli aplikasi yang sudah teruji setidaknya oleh puluhan ribu pengguna.

  5. Pastikan pembelian aplikasi sudah termasuk free maintenance.
    Free maintenance selama jangka waktu tertentu sangat penting untuk memastikan kendala minor pada aplikasi dapat ditangani oleh developer. Ini sama seperti adanya garansi pada produk yang anda beli. Free maintenance atau garansi akan memberikan rasa aman kepada jika misalkan terjadi kendala pada aplikasi yang sudah anda beli.

  6. Pastikan tidak ada biaya tersembunyi.
    Biaya pembuatan aplikasi sangat tergantung dari spesifikasi yang anda pesan. Sering kali ada biaya lain yang belum termasuk pada biaya pembuatan aplikasi tersebut. Misal seperti biaya server, biaya maintenance dan biaya-biaya tambahan lain baik dari developer maupun pihak ketiga selaku penyedia layanan yang relevan. Hal ini penting untuk diketahui lebih awal agar anda bisa melakukan perhitungan total dana yang harus disiapkan.

  7. Pastikan mekanisme pemesanan aman.
    Mekanisme pemesanan aman yang kami maksud disini adalah adanya surat perjanjian terkait pembelian aplikasi. Hal ini untuk memastikan anda maupun developer terikat kesepakatan sehingga tidak ada pihak yang dirugikan. Terkait pembayaran, umumnya menggunakan sistem tanda jadi. Jadi anda baru membayar lunas setelah proses pembuatan aplikasi selesai. Anda juga bisa mencoba aplikasi versi trial sebelum melakukan pelunasan pembelian aplikasi.
Demikian beberapa tips sebelum membeli aplikasi android ataupun aplikasi IOS. Jangan sampai salah beli dan akhirnya menyesal ketika aplikasi yang sudah anda beli tidak sesuai dengan harapan. Untuk itu pastikan untuk mempercayakan pembuatan aplikasi android, aplikasi IOS ataupun website anda kepada developer yang sudah berpengalaman.






BALIMOBI merupakan penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Android, Aplikasi IOS dan Website. BALIMOBI menawarkan kualitas layanan yang Handal, Cepat dengan Biaya Terjangkau.

Telp:0877 6272 1414
WA:0877 6272 1414
Email:info@balimobi.com
Alamat:
Jln. Damai, Gg. Kamboja No 22
Ds. Kalibukbuk, Kab. Buleleng
Bali - Indonesia

ARTIKEL TERBARU


Pembuatan Aplikasi Ojek Online Versi 6 Pembuatan Aplikasi Ojek Online Versi 6

Cara Setting Android 12 Biar Order Ojek Online Makin Gacor Cara Setting Android 12 Biar Order Ojek Online Makin Gacor

Tips Cara Membeli Aplikasi Android Dan Aplikasi IOS Tips Cara Membeli Aplikasi Android Dan Aplikasi IOS

Kapan Dan Berapa Lama Hingga Usaha Ojek Online Balik Modal Kapan Dan Berapa Lama Hingga Usaha Ojek Online Balik Modal

Rincian Biaya Membuka Usaha Ojek Online Rincian Biaya Membuka Usaha Ojek Online


Whatsapp BALIMOBI