Logo BaliMobi
Logo BaliMobi



Pertanyaan Seputar Aplikasi Ojek Online BaliMobi

By BaliMobi on Selasa, 18 Juni 2019
Pertanyaan Seputar Aplikasi Ojek Online BaliMobi

Seiring tingginya minat pengusaha di daerah dalam membuka usaha ojek online, kami mendapat banyak pertanyaan tentang aplikasi ojek online. Untuk menjawab pertanyaan tentang transportasi online sekaligus memberikan informasi bagi anda yang tertarik dengan usaha ojek online, berikut ini kami akan menjawab beberapa pertanyaan seputar aplikasi ojek online yang paling sering kami terima.

  1. Bagaimana potensi usaha ojek online dan taxi online di indonesia?
    Potensi usaha ojek online dan taxi online di Indonesia sangat besar. Sarana transportasi merupakan kebutuhan vital bagi masyarakat. Dengan kemajuan teknologi, semua orang ingin kebutuhan akan transportasi tersebut dapat terpenuhi dengan mudah. Hal ini membuat keberadaan transportasi online menjadi solusi yang paling disukai masyarakat. Berkat transportasi online, setiap orang kini dengan mudah dapat memesan layanan transportasi cukup dari smartphone mereka.
    Wilayah Indonesia yang sangat luas membuat banyak daerah di Indonesia belum terjamah layanan transportasi online. Ini adalah kesempatan anda sebagai putra derah dalam membuka usaha ojek online di daerah anda. Jangan sampai anda hanya menjadi penonton saat perusahaan besar ibu kota mulai mengolah potensi usaha transportasi online di daerah anda.

  2. Darimana usaha ojek online dan taxi online mendapat keuntungan?
    Sumber keuntungan dari usaha transportasi online sangat bergantung dari model bisnis yang digunakan. Kami berusaha merancang agar aplikasi ojek online yang kami kembangkan dapat mengcover sebanyak mungkin model bisnis yang umum digunakan. Hal ini membuat aplikasi kami dapat digunakan dengan lebih fleksibel sesuai dengan model bisnis anda. Ada beberapa model bisnis yang biasa digunakan dalam usaha transportasi online yaitu:
    1. Bagi Hasil Dengan Driver
      Bagi hasil dengan driver bisa dibilang sumber keuntungan utama dari usaha ojek online. Setiap perusahaan menerapkan aturan bagi hasil yang berbeda, misalnya 80:20. Pada aturan bagi hasil 80:20 maka mitra driver mendapatkan bagian 80% dan pihak perusahaan ojek online mendapatkan bagian 20% dari keuntungan layanan ojek online. Disamping bagi hasil, beberapa perusahaan juga ada yang menerapkan sistem sewa dimana driver membayar sewa aplikasi setiap bulannya.
    2. Ojek Online Sebagai Media Promosi
      Usaha ojek online yang memiliki banyak driver dan user/pelanggan tentu memiliki potensi untuk menjadi media promosi. Jika anda kreatif maka ada banyak cara untuk menghasilkan keuntungan dari media promosi tersebut.
      1. Slide Promo
        Merchant seperti rumah makan ataupun toko tentu ingin produk mereka laku. Untuk itu anda sebagai pengusaha ojek online dapat menyewakan slide promo yang ada pada aplikasi kepada merchant tsb. Slide promo merupakan media bagi merchant untuk melakukan promosi di dalam aplikasi ojek online anda. Dengan mempromosikan produk ataupun usaha menggunakan slide promo, merchant akan berpeluang mendapat lebih banyak order.
      2. Notifikasi Promo
        Tidak hanya pada slide promo, merchant juga bisa melakukan promosi dengan mengirimkan notifikasi promosi pada aplikasi user. Tentunya jika merchant ingin menggunakan layanan notifikasi tersebut maka merchant akan dikenakan biaya oleh pihak perusahaan ojek online.
      3. Papan Iklan Pada Kendaraan Driver
        Pada beberapa perusahaan memiliki kebijakan dimana pada kendaraan driver dilengkapi dengan papan iklan. Papan iklan ini akan menjadi media promosi bagi perusahaan yang bekerjasama dengan perusahaan ojek online anda. Dibanding mengiklan pada billboard di pinggir jalan, tentu akan lebih menguntungkan jika mengiklan pada motor driver. Motor driver yang bergerak melayani order akan lebih banyak dilihat orang di jalan daripada billboard yang hanya diam di satu tempat saja.
    3. Fee Merchant
      Disamping bagi hasil dengan mitra driver, fee merchant merupakan salah satu sumber keuntungan yang paling potensial pada usaha ojek online. Fee merchant merupakan biaya yang dibebankan kepada merchant seperti rumah makan ataupun toko yang menjual produk melalui aplikasi. Fee merchant umumya dilakukan dengan menaikkan harga produk pada aplikasi dibanding harga asli di toko tersebut. Jadi pada akhirnya yang membayar fee merchant tetap user/pelanggan.
      Sebagai contoh jika harga asli bakso di rumah makan Pak Mamat sebesar RP. 10.000 / porsi, maka pada aplikasi harga bakso tersebut naik menjadi Rp. 11.000 / porsi. Nilai Rp. 1.000 tersebut ditambahkan sebagai fee merchant yang merupakan keuntungan perusahaan ojek online.
    4. Ads / Iklan
      Meskipun terbilang jarang digunakan, ads/iklan merupakan sumber keuntungan tambahan bagi perusahaan ojek online. Ads/Iklan ditambahkan pada aplikasi ojek online. Untuk aplikasi android umumnya menggunakan layanan AdMob sebagai penyedia iklan. Keuntungan dari ads umumnya berupa pay per click dimana perusahaan ojek online akan mendapat pemasukan dari iklan yang di klik oleh user.
    5. Atribut Ojek Online
      Dalam bekerja memberikan layanan ojek online, umumnya para driver ojek diwajibkan menggunakan atribut dari perusahaan seperti jaket dan helm. Pada beberapa perusahaan, jaket dan helm tersebut harus dibeli oleh pihak driver baik secara langsung, angsuran, potong bagi hasil dan lain lain. Penjualan atribut seperti jaket dan helm ini bisa menjadi salah satu sumber keuntungan perusahaan ojek online.
    6. Kerjasama Dengan Pihak Ketiga
      Ada beberapa kerjasama yang bisa dilakukan perusahaan ojek online yang tentunya bisa memberikan keuntungan bagi perusahaan. Misalnya kerjasama dengan perusahaan penyedia perangkat ponsel ataupun provider seluler/internet. Dengan mengarahkan driver untuk menggunakan ponsel tertentu ataupun internet provider tertentu maka perusahaan pihak ketiga tersebut akan mendapat kemudahan dalam menjual produk ataupun jasa mereka. Umumnya kerjasama ini dikemas dalam bentuk angsuran lebih murah jika kredit ponsel sesuai pabrikan ponsel yang bekerjasama dengan perusahaan ojek online tersebut.
    Demikian beberapa sumber pemasukan usaha ojek online. Tentunya jika pengusaha lebih kreatif dan inovatif maka akan ada lebih banyak lagi sumber pemasukan bagi perusahaan ojek online. Dari penjelsana kami diatas bisa anda lihat bahwa sumber pemasukan perusahaan ojek online tidak hanya terbatas pada lini bisnis utama seperti bagi hasil dengan driver saja. Jadi jangan heran jika perusahaan ojek online bisa memberikan biaya yang kompetitif ataupun subsidi bagi pelanggan mereka.
    Keuntungan yang sedemikian besar menjadi daya tarik yang sangat sayang untuk dilewatkan. Itulah alasan mengapa banyak pengusaha di daerah ingin membuka usaha dibidang transportasi online. Jadi jangan heran jika sampai saat ini saja sudah ada 17 perusahaan yang menggunakan aplikasi ojek online karya BaliMobi.

  3. Berapa modal membuka usaha ojek online atau taxi online?
    Tidak ada jumlah pasti atas modal yang harus dimiliki dalam membuka usaha ojek online. Sebagai perbandingan untuk G*jek sebagai perusahaan transportasi online saat ini memiliki valuasi sebesar 53 triliun rupiah (berdasarkan info kompas.com pertanggal 18 Jan 2018). Dana yang sangat fantastis bukan?
    Mungkin anda bertanya, dapatkah membuka usaha ojek online jika tidak memiliki modal sebesar G*jek? Anda bisa membuka usaha ojek online bahkan dengan modal yang tidak sampai 100 juta rupiah. Tentunya dengan melakukan beberapa penyesuaian agar dengan modal yang terbatas tersebut anda dapat membuka usaha rintisan dibidang transportasi online.

  4. Dengan modal yang kecil, bisakah bersaing dengan G*jek?
    Pertanyaan ini sangat banyak ditanyakan oleh para pengusaha di daerah. Kami mengerti bahwa perusahaan besar ibu kota memiliki sumber daya yang luar biasa. Mulai dari modal yang luar biasa besar, SDM berkualitas dengan jumlah banyak, dana promosi yang gila-gilaan dan masih banyak lagi. Diatas kertas memang seakan pengusaha daerah tidak punya peluang untuk dapat bersaing.
    Tapi tahukah anda? Ada banyak kelebihan yang anda sebagai putra daerah miliki. Sebagai putra daerah anda paham betul situasi di daerah anda. Anda tahu karakteristik masyarakatnya. Anda tahu apa yang paling dibutuhkan masyarakat. Anda punya koneksi di daerah tersebut. Anda memiliki motivasi untuk mengembangkan daerah anda. Status sebagai putra daerah akan meminimalisir potensi gesekan dalam membuka usaha. Dan masih banyak lagi kelebihan yang anda miliki sebagai putra daerah.
    Disamping itu dengan membuka usaha dalam lingkup kecil membuat anda dapat fokus. Hal ini membuat layanan anda fokus pada kualitas (bukan sekedar kuantitas) sehingga memiliki nilai lebih dibanding perusahaan lainya. Contoh riil seperti driver yang dapat anda seleksi dengan lebih baik, daftar merchant yang lebih lengkap, pengaturan persebaran driver yang strategis dan masih banyak lagi.
    Perusahaan penyedia jasa ojek online lain bisa saja membuka usaha di daerah anda, tapi sebagai putra daerah tentu anda lebih tahu daerah tersebut. Suatu keuntungan besar bagi pengusaha lokal dalam membuka usaha ojek online di daerahnya sendiri karena lebih mengetahui situasi daerahnya dibanding penyedia jasa ojek online dari daerah lain. Dengan mengoptimalkan kelebihan yang anda miliki, usaha anda akan memberikan nilai lebih pada layanan yang anda berikan. Dan pada akhirnya anda memiliki pelanggan setia untuk usaha anda.

  5. Apa saja yang diperlukan dalam membuka usaha ojek online?
    Yang paling penting tentu "NIAT" karena banyak pengusaha yang punya modal dan potensi tetapi memilih duduk manis sebagai penonton saat perusahaan besar ibu kota mengolah potensi usaha di daerah mereka. Selanjutnya yang butuhkan adalah sistem/aplikasi. Sebagai usaha yang bergerak di bidang transportasi online, sistem/aplikasi merupakan inti dari usaha. Kabar baiknya kini sudah ada perusahaan yang menyediakan jasa pembuatan aplikasi ojek online berkualitas sehingga anda bisa menghemat biaya dibanding mengembangkan aplikasi dari nol. Anda juga membutuhkan Tim. Tentunya anda tidak mungkin bekerja sendiri. Tim tersebut misal untuk bagian promosi/marketing, admin, keuangan, IT dan lain lain. Yang tidak kalah penting yaitu Driver. Driver merupakan ujung tombak dari layanan anda yang secara langsung memberikan layanan kepada pelanggan.

  6. Kenapa jarang ada developer yang menjual aplikasi ojek online?
    Melihat potensi usaha ojek online yang sudah kami jabarkan diatas, mencari penyedia jasa pembuatan aplikasi ojek online bukan perkara mudah. Developer lebih tertarik untuk membuka usaha ojek online dibandingkan menjual aplikasi ojek online ke pihak lain. Prospek keuntungan besar dengan modal kecil membuat developer enggan menjual ataupun menyediakan jasa pembuatan aplikasi ojek online karena tentu lebih menguntungkan bagi developer jika membuka usaha ojek online dibanding menjual aplikasi ojek online karya mereka.
    Penasaran mengapa kami menyediakan jasa pembuatan aplikasi ojek online berbasis android? Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, Indonesia itu luas sehingga masih banyak daerah belum terjangkau jasa ojek online. Kami memberikan kesempatan bagi para pengusaha lokal untuk membuka usaha ojek online di daerah mereka sendiri. Anda ingin mengambil kesempatan emas ini atau menunggu perusahaan besar mengambil lahan anda? Pilihan ada di tangan anda!

  7. Berapa biaya pembuatan aplikasi ojek online di BaliMobi?
    Kami melakukan pengembangan secara berkelanjutan untuk dapat membuat aplikasi yang lebih baik dari waktu ke waktu. Dengan beragam pegembangan dan penambahan fitur yang BaliMobi lakukan, aplikasi ojek online kami memiliki kualitas yang berani bersaing dengan perusahaan besar yang sudah lebih dulu ada di pasar Indonesia. Perubahan tersebut turut berdampak pada biaya pembuatan yang mengalami penyesuaian. Untuk aplikasi ojek online V4 (versi ke empat) kami pasarkan mulai dari 50 juta rupiah, dengan rincian sebagai berikut:
    1. Aplikasi Android Untuk User
    2. Aplikasi Android Untuk Driver
    3. Web Administrator
    4. Domain (*.com selama satu tahun)
    5. Hosting (Cloud VPS selama satu tahun)
    6. Akun Developer di Google Playstore
    Bagi anda yang baru merintis usaha ojek online, anda bisa memesan aplikasi ojek online versi standar sehingga bisa menghemat biaya pembelian aplikasi dan mengalokasikan modal tersebut untuk kebutuhan lain. Tentunya setelah usaha anda berkembang, anda dapat memesan beragam penambahan fitur sesuai dengan kebutuhan anda.

  8. Apakah ada biaya bulanan/tahunan?
    Kami menggunakan mekanisme penjualan "Beli Putus". Itu artinya aplikasi yang anda beli sepenuhnya menjadi milik anda. Anda tidak perlu membayar setiap waktu tertentu kapada kami (tidak ada biaya bulanan, tahunan, dll) dan kami tidak dikontrak untuk bekerja selama jangka waktu tertentu kepada anda. Jadi tidak ada tagihan apapun yang harus anda bayar selain dari biaya pembuatan aplikasi ojek online diatas.
    Meski demikian akan ada biaya lain untuk layanan pihak ketiga yaitu:
    1. Biaya Layanan Google API
      Agar dapat berkerja sebagaimana mestinya, aplikasi menggunakan layanan Google API. Layanan tersebut seperti pencarian lokasi, pencarian alamat, pengiriman notifikasi dll. Besar biaya tergantung dari seberapa banyak sistem/aplikasi menggunakan layanan Google API (dalam hal ini disebut request). Biaya tersebut anda bayar ke pihak Google. Anda juga perlu menyiapkan kartu kredit mengingat pembayaran tagihan layanan Google API menggunakan kartu kredit. Informasi lebih lengkap dan resmi terkait biaya layanan Google Api sudah tersedia pada https://developers.google.com/maps/billing/understanding-cost-of-use
    2. Perpanjangan Domain dan VPS
      Setelah satu tahun, domain dan VPS anda perlu diperpanjang. Biaya perpanjangan sekitar 5 juta rupiah pertahun (tergantung dari paket VPS yang anda gunakan). Biaya tersebut anda bayar ke pihak penyedia layanan domain dan VPS. Umumnya kami menggunakan layanan Niagahoster untuk VPS kami.
    3. Biaya SMS
      Aplikasi menggunakan SMS sebagai sarana pengiriman kode aktivasi akun, one time password, konfirmasi perubahan akun dll. Untuk itu anda akan dikenakan biaya SMS. Untuk aplikasi ojek online V4 kami menggunakan jasa SMS Gateway Zenziva sehingga biaya/tarif SMS menyesuaikan dengan layanan perusahaan tersebut.
    Perlu kami informasikan bahwa biaya untuk layanan pihak ketiga anda bayar langsung kepada masing-masing penyedia layanan tersebut sesuai layanan yang mereka sediakan dan anda gunakan pada sistem. Setiap layanan dari pihak ketiga merupakan hak dan tanggung jawab dari masing-masing penyedia layanan. Anda dan kami sebagai pengguna layanan pihak ketiga wajib setuju pada ketentuan layanan masing-masing penyedia layanan tersebut.

  9. Apakah ada biaya update jika aplikasi versi terbaru sudah tersedia?
    Kami melakukan pengembangan secara berkelanjutan untuk dapat membuat aplikasi yang lebih baik dari waktu ke waktu. Aplikasi ojek online yang kami kembangkan dirancang agar bisa di update ke versi terbaru. Kami tidak mewajibkan anda untuk mengupdate aplikasi yang sudah anda miliki. Jika anda membutuhkan fitur-fitur baru dan beragam penyesuaian pada aplikasi versi terbaru, anda bisa memesan agar aplikasi yang anda gunakan di update ke versi terbaru. Biaya update berkisar antara 10 s/d 20 juta rupiah tergantung spesifikasi aplikasi versi terbaru serta versi aplikasi yang anda gunakan.

  10. Mengapa BaliMobi bisa menjual aplikasi ojek online dengan biaya terjangkau?
    Untuk dapat membantu lebih banyak pengusaha daerah dalam membuka usaha ojek online, kami berusaha menekan biaya pembuatan dan pengembangan aplikasi agar dapat menjual aplikasi ojek online dengan biaya terjangkau. Berikut ini beberapa cara yang kami gunakan agar dapat menyediakan aplikasi ojek online berkualitas dengan biaya terjangkau.
    1. Aplikasi Versi Standar
      Proses pengembangan dan pembuatan aplikasi membutuhkan biaya yang besar dan waktu yang lama. Agar dapat menjual aplikasi ojek online dengan biaya terjangkau sekaligus tanpa mengurangi kualitas aplikasi, maka kami membuat suatu aplikasi ojek online standar (basic) yang dipasarkan untuk beberapa perusahaan berbeda. Itu artinya biaya pembuatan aplikasi yang besar tersebut bisa dibagi sehingga aplikasi ojek online karya BaliMobi bisa anda beli dengan biaya terjangkau. Hal ini akan berbeda jika aplikasi dikembangkan khusus untuk satu perusahaan (sering disebut aplikasi custom) maka semua biaya pengembangan hanya ditanggung oleh satu perusahaan tersebut saja.
    2. Mekanisme Beli Putus (bukan kontrak)
      Dengan menggunakan mekanisme beli putus, anda tidak dikenakan biaya tambahan seperti bulanan, tahunan dan lain lain. Dengan demikian harga 50 juta rupiah tersebut diatas sudah bersih tanpa ada biaya tersembunyi/tambahan. Hak dan tanggung jawab atas aplikasi yang anda beli sepenuhnya menjadi milik anda. Anda tidak perlu membayar setiap waktu tertentu kapada kami (tidak ada biaya bulanan, tahunan, dll) dan kami juga tidak dikontrak untuk bekerja selama jangka waktu tertentu kepada anda.
    3. Pengambangan Lebih Cepat dan Mudah
      Dengan menggunakan aplikasi versi standar maka akan memudahkan kami dalam melakukan pengecekan, perbaikan dan pengembangan. Misal jika salah satu klien menemukan bugs pada aplikasi maka perbaikan bisa dilakukan pada seluruh aplikasi klien yang menggunakan versi aplikasi yang sama. Hal ini akan menekan biaya perbaikan dan pengembangan secara signifikan.
    4. Tanpa Perlu Pelatihan
      Aplikasi yang kami kembangkan simpel dan sangat mudah untuk digunakan. Hal ini membuat anda tidak membutuhkan biaya pelatihan untuk dapat menggunakan sistem ojek online karya BaliMobi.

  11. Apa kelebihan aplikasi ojek online versi standar?
    Aplikasi versi standar adalah aplikasi yang dikembangkan untuk dapat dipasarkan secara umum. Aplikasi ini tidak dirancang khusus hanya untuk satu perusahaan saja. Jadi secara garis besar, aplikasi versi standar adalah aplikasi yang dikembangkan dulu, baru dipasarkan. Sementara aplikasi custom adalah aplikasi yang dipesan dahulu baru dikembangkan. Meski dipasarkan secara umum, aplikasi versi standar tentunya disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan anda.
    Ada banyak kelebihan yang bisa anda dapatkan dengan membeli aplikasi versi standar seperti :
    1. Harga Lebih Terjangkau
      Karena dapat dipasarkan untuk umum maka aplikasi dapat kami pasarkan dengan biaya terjangkau. Berbeda dengan aplikasi custom yang seluruh biaya pembuatan dan pengembangan hanya ditanggung oleh satu perusahaan saja.
    2. Aplikasi Lebih Berkualitas
      Aplikasi versi standar sudah digunakan oleh beberapa perusahaan berbeda. Itu artinya kami sudah mendapatkan dan mengimplementasikan banyak saran dan masukan dari beberapa perusahaan berbeda untuk dapat menghasilkan aplikasi yang sesuai dengan standar kualitas pengusaha ojek online.
    3. Aplikasi Lebih Teruji
      Aplikasi yang digunakan oleh banyak perusahaan, driver dan user tentunya sudah sangat teruji dan handal. Sekedar informasi aplikasi kami sudah digunakan 17 perusahaan, ribuan driver dan ratusan ribu user di seluruh Indonesia.
    4. Aplikasi Lebih Stabil
      Seiring meningkatnya jumlah pengguna maka kami dapat mengumpulkan lebih banyak informasi terkait bugs dalam aplikasi. Dengan informasi tersebut kami dapat melakukan perbaikan sehingga kini anda bisa mendapatkan aplikasi yang jauh lebih stabil dan bebas bugs.
    5. Pengembangan Lebih Cepat
      Kami melakukan pengembangan aplikasi dari waktu ke waktu. Kritik, saran dan masukan dari pengusaha, ribuan driver dan ratusan ribu user merupakan acuan kami dalam melakukan pengembangan. Dengan banyaknya informasi yang kami dapatkan membuat kami dapat melakukan pegembangan dengan lebih cepat. Ini merupakan salah satu alasan kenapa aplikasi kami saat ini sudah sampai pada versi 4.
    6. Update Lebih Mudah
      Aplikasi kami dirancang agar dapat dikembangkan dengan mudah dan cepat. Jadi ketika aplikasi versi terbaru sudah tersedia (misal aplikasi versi 4), maka proses update aplikasi anda akan berjalan dengan cepat dan mulus. Hal ini berkat kemampuan sinkronisasi antara aplikasi versi terbaru dengan aplikasi versi sebelumnya.
    7. Penggunaan Lebih Fleksibel
      Aplikasi versi standar dirancang untuk dapat memenuhi sebanyak mungkin kebutuhan usaha ojek online. Untuk itu aplikasi versi standar mampu memenuhi kebutuhan anda sebagai pengusaha ojek online dengan beragam model bisnis yang anda gunakan. Jika suatu saat anda berganti model bisnis, aplikasi masih tetap bisa mengakomodasi model bisnis baru yang anda gunakan.
    Selain kelebihan diatas masih ada banyak sekali kelebihan yang bisa anda dapatkan dengan membeli aplikasi versi standar. Untuk itu kami sebagai developer menganjurkan anda untuk menggunakan aplikasi ojek online versi standar kami.

  12. Berapa lama waktu pembuatan aplikasi ojek online di BaliMobi?
    Estimasi waktu pengerjaan aplikasi ojek online versi 4 sekitar 6 minggu. Dengan catatan project yang deal lebih dahulu akan kami kerjakan lebih dahulu. Itu artinya anda kemungkinan harus menunggu jika sudah ada perusahaan yang sudah lebih dahulu memesan. Jika memesan aplikasi ojek online di BaliMobi, anda dapat mencoba aplikasi versi trial untuk memastikan aplikasi yang anda pesan sudah sesuai dengan spesifikasi yang anda inginkan. Anda dapat menggunakan kesempatan tersebut untuk memastikan aplikasi ojek online yang anda pesan dapat memenuhi kebutuhan perusahaan anda. Kelebihan ini tidak akan anda dapatkan pada penyedia jasa pembuatan aplikasi ojek online lainya.

  13. Kenapa aplikasi ojek online karya BaliMobi terdiri dari beberapa versi berbeda?
    Kami mengerti bahwa anda para pengusaha ojek online ingin memberikan yang terbaik kepada pelanggan. Dengan semakin banyaknya pengusaha yang membuka usaha ojek online tentu anda ingin memiliki daya saing, salah satunya dengan menggunakan aplikasi yang berkualitas, up to date dan memiliki nilai lebih.
    Untuk mewujudkan keinginan anda, kami melakukan pengembangan aplikasi secara berkelanjutan untuk dapat membuat aplikasi yang semakin baik dari waktu ke waktu. Saat ini aplikasi yang kami pasarkan sudah pada aplikasi versi ke empat. Kedepannya kami akan terus melakukan pengembangan aplikasi agar anda sebagai klien kami selalu menjadi yang terbaik dibidang usaha transportasi online dengan menggunakan aplikasi berkualitas dan up to date.

  14. Apakah ada portfolio aplikasi ojek online karya BaliMobi?
    Beberapa perusahaan telah mempercayakan pembuatan aplikasi ojek online kepada BaliMobi. Saat ini setidaknya ada 17 (tujuh belas) perusahaan yang menggunakan aplikasi ojek online karya BaliMobi, yaitu :
    1. WakJek Batam (V1)
    2. OnJek Medan (V1)
    3. AyoJek Sukabumi (V1)
    4. AlfaJek Ambon (V3)
    5. Gobackae Surabaya (V3)
    6. Ndra Papua (V2)
    7. Golek Solo (V3)
    8. BetaJek Ambon (V2)
    9. Heehjek Nganjuk (V3)
    10. Ko-Jek Kalimantan Barat (V4)
    11. BangOjek Jombang (V3)
    12. NuJek / Nusantara Ojek Surabaya (V3)
    13. GO3JEK Medan (V3)
    14. HelooJek Malang (V4)
    15. IndoJek Kalimantan (V4)
    16. Jak Intat Aceh (V3)
    17. GO DMI Dumai Riau (V3)
    Jika di total dari tujuh belas perusahaan tersebut, saat ini sudah ada ratusan ribu user aktif serta puluhan ribu driver yang menggunakan aplikasi ojek online karya BaliMobi. Seiring berjalanya waktu, jumlah tersebut masih terus bertambah. Kondisi tersebut turut memberikan dampak positif pada perkembangan aplikasi ojek online karya BaliMobi. Sejalan dengan banyaknya pengguna aplikasi ojek online karya BaliMobi, kami mendapat banyak sekali saran dan masukan untuk pengembangan aplikasi ojek online. Saran dan masukan tersebut menjadi acuan BaliMobi dalam mengembangkan aplikasi ojek online versi 4 sehingga kini kami dapat membuat aplikasi ojek online dengan jauh lebih baik dari aplikasi versi sebelumnya.
    Portfolio Aplikasi Ojek Online Karya BaliMobi

  15. Apa saja kelebihan BaliMobi sebagai developer aplikasi ojek online?
    Bagi anda yang ingin memesan aplikasi ojek online, percayakan pembuatan aplikasi ojek online anda pada BaliMobi. Ada banyak sekali kelebihan yang kami tawarkan untuk anda, diantaranya:
    1. BaliMobi Developer Berpengalaman
      Pengalaman BaliMobi sebagai developer aplikasi android membuat kami mampu dalam menghasilkan aplikasi-aplikasi berkualitas. Hal ini terbukti dari portofolio aplikasi ojek online yang sudah kami miliki. Developer lain mungkin akan menawarkan harga murah dan beragam janji manis, tapi di BaliMobi kami menawarkan anda Bukti! Bukan sekedar janji!
    2. BaliMobi Bekerja Profesional
      Dalam pembuatan aplikasi ojek online, kami bekerja profesional. Project yang deal lebih dahulu akan kami kerjakan lebih dahulu. Kami tidak ragu melakukan close order untuk memastikan aplikasi yang anda pesan dapat selesai tepat waktu. BaliMobi juga selalu menjaga kualitas aplikasi ojek online karya kami karena kami mengerti bahwa anda membutuhkan aplikasi berkualitas untuk usaha anda.
      Disamping itu, di BaliMobi tidak ada istilah "Beli Kucing Dalam Karung". Anda bisa langsung menguji coba prototype aplikasi karya BaliMobi. BaliMobi memberikan kesempatan untuk masyarakat umum dalam menguji coba aplikasi kami sehingga siapapun yang berminat dapat langsung mencoba dan menilai sendiri kualitas aplikasi karya BaliMobi.
    3. Portofolio Kami Merupakan Murni Karya Kami
      Portofolio kami memang murni hasil karya kami. Proses menganalisa permasalahan, menentukan solusi, merancang aplikasi hingga mengimplementasikan aplikasi dilakukan langsung oleh tim BaliMobi sehingga BaliMobi dapat menghasilkan aplikasi berkualitas dan berfungsi optimal. Karya BaliMobi bukan hasil reskin, decompile ataupun bongkar pasang source code pihak lain. Dengan mengembangkan sendiri sebuah aplikasi dari awal hingga akhir, kami dapat dengan mudah menganalisa kendala yang muncul pada aplikasi dan tentunya dapat memberikan solusi terbaik untuk anda.
    4. Pengembangan Yang Berkelanjutan
      BaliMobi mengerti bahwa anda ingin menjalankan bisnis dalam jangka panjang. Teknologi yang terus berkembang mengharuskan anda untuk menggunakan aplikasi yang up to date. Untuk itu BaliMobi selalu melakukan pengembangan berkesinambungan pada aplikasi karya kami. Terbukti setelah aplikasi ojek online versi pertama dan kedua, kini BaliMobi sudah mengembangkan aplikasi versi 4.
      Disamping itu, dalam membuat aplikasi android, BaliMobi menggunakan native android yaitu dengan Android Studio. Android studio dikeluarkan secara resmi oleh pihak Google untuk pengembangan aplikasi android. Jadi anda tidak perlu meragukan keberlangsungan aplikasi android karya BaliMobi di masa mendatang!
    5. Aplikasi Berkualitas Dengan Biaya Terjangkau
      Anda tentu mengerti bahwa kualitas berbanding lurus dengan biaya. Dengan kualitas serta pengalaman BaliMobi, mungkin anda akan berfikir bahwa aplikasi yang kami buat bernilai fantastis. Anda tidak perlu khawatir! BaliMobi menggunakan mekanisme sedemikian rupa agar kami dapat membuat aplikasi berkualitas dengan biaya terjangkau.
    6. Solusi Tepat dan Lengkap
      BaliMobi memberikan solusi lengkap dan tepat untuk menjawab kebutuhan anda. Kami menyediakan aplikasi berkualitas, teruji dan siap pakai. Biaya tersebut sudah termasuk Domain dan Cloud VPS selama satu tahun senilai 4 juta rupiah. Dengan solusi lengkap dari kami akan memudahkan anda dalam membuka usaha ojek online atau taxi online.
    7. Mekanisme Pemesanan Aman
      BaliMobi menggunakan mekanisme pemesanan aman dimana anda berhak menguji coba aplikasi versi trial untuk memastikan aplikasi yang anda pesan sudah sesuai dengan spesifikasi yang disepakati. Pelunasan pembayaran baru anda lakukan jika anda benar-benar sudah yakin bahwa aplikasi yang anda pesan sudah sesuai.

  16. Bagaimana cara pemesanan aplikasi ojek online di BaliMobi?
    Kami menggunakan mekanisme pemesanan yang mudah dan aman. Secara garis besar, proses pemesanan sebagai berikut:
    1. Uji Coba Prototype / Demo Aplikasi Ojek Online
      Saat kami open order, kami memberikan kesempatan kepada masyarakat umum untuk mencoba langsung aplikasi kami. Di BaliMobi tidak ada istilah "Beli Kucing Dalam Karung", anda dapat mencoba langsung aplikasi kami sehingga anda bisa mendapat gambaran terkait fitur, spesifikasi dan kualitas aplikasi yang kami kembangkan. Kelebihan ini tidak akan anda dapatkan di developer aplikasi lain. Silahkan download dan coba demo aplikasi ojek online kami pada link berikut ini.
    2. Pemesanan Aplikasi Ojek Online
      Jika spesifikasi, kualitas dan biaya pembuatan aplikasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan anda, anda bisa langsung melakukan pemesanan yaitu dengan memberikan termin/tanda jadi sebesar 20% dari total biaya pembuatan. Kami juga membutuhkan beberapa informasi untuk dapat memulai proses pengerjaan seperti nama aplikasi, nama layanan dan lain lain. Proses pengerjaan segera kami mulai setelah anda melakukan pembayaran tanda jadi dan informasi tersebut diatas tersedia.
    3. Uji Coba Aplikasi Versi Trial
      Setelah proses pengerjaan aplikasi selesai, anda dapat mencoba aplikasi versi trial untuk memastikan aplikasi ojek online yang anda pesan sudah sesuai. Pastikan Anda menggunakan kesempatan ini untuk melakukan pengecekan secara seksama dan memastikan keseluruhan aplikasi yang anda pesan sudah sesuai dengan spesifikasi yang telah disepakati.
    4. Pelunasan Pembayaran & Rilis Aplikasi
      Setelah melakukan uji coba aplikasi versi trial dan memastikan aplikasi tersebut sudah sesuai, anda bisa melakukan pelunasan pembayaran. Setelah melakukan pelunasan pembayaran kami akan merilis aplikasi anda dan memberikan informasi akun-akun kepemilikan sistem/aplikasi anda. Pada tahap ini anda sudah bisa mulai membuka usaha di bidang tranportasi online dengan menggunakan aplikasi karya BaliMobi.

  17. Bisakah aplikasi ojek online karya BaliMobi digunakan di daerah saya?
    Aplikasi ojek online karya BaliMobi bisa digunakan dimanapun di seluruh dunia. Tidak ada batasan daerah dalam menggunakan aplikasi ojek online karya BaliMobi.

  18. Apakah saya bisa membuka cabang di kota lain?
    BaliMobi tidak memberikan batasan wilayah untuk usaha anda. Silahkan gunakan aplikasi yang sudah anda beli dengan semaksimal mungkin termasuk dengan melakukan ekspansi ke kota lain. Hanya saja perlu kami informasikan bahwa sistem khususnya server memiliki sumber daya yang terbatas. Itu artinya kemungkinan server akan kewalahan jika memproses data yang melebihi kapasitas (misal jika user dan driver sudah terlalu banyak). Untuk mengatasi hal tersebut anda perlu melakukan upgrade server, yaitu dengan memesan server yang memiliki spesifikasi lebih tinggi.

  19. Bagaimana spesifikasi teknis server aplikasi ojek online BaliMobi?
    Setiap pembelian aplikasi ojek online di BaliMobi sudah termasuk Domain dan VPS. Umumnya kami menggunakan jasa Niagahoster sebagai penyedia layanan Domain dan VPS. Untuk VPS kami menggunakan paket Starter yaitu CPU 7.2 GHZ, RAM 3072 MB, DISK SPACE 60 GB, BANDWIDTH 3000 GB. Spesifikasi server tersebut sudah lebih dari cukup untuk aplikasi ojek online di daerah. Kalaupun dirasa kurang, anda tidak perlu khawatir karena dengan menggunakan VPS, anda bisa mengupgrade spesifikasi server tersebut kapanpun anda mau.

  20. Bagaimana proses maintenance sistem ojek online?
    Proses maintenance server dilakukan oleh penyedia layanan Domain dan VPS. Kalaupun ada kendala pada server, anda tinggal menyampaikan kendala tersebut kepada penyedia layanan VPS. Pihak penyedia layanan VPS akan segera menangani kendala yang anda alami tersebut.

  21. Jika memesan aplikasi ojek online di BaliMobi, apakah termasuk pelatihan?
    Aplikasi yang kami kembangkan simpel dan sangat mudah untuk digunakan. Hal ini membuat anda tidak membutuhkan pelatihan untuk dapat menggunakan sistem ojek online karya BaliMobi.

  22. Jika memesan aplikasi ojek online di BaliMobi, apakah mendapat source code?
    BaliMobi tidak menjual source code. Hal ini kami lakukan untuk mencegah developer abal-abal menyalah gunakan source code kami. Tidak jarang ada developer yang membeli source code yang sudah jadi, mengganti tampilan lalu mengakuinya sebagai karyanya sendiri. Hal ini sering disebut reskin. Coba anda bayangkan jika anda membeli aplikasi tersebut, bagaimana anda akan melakukan penyesuaian, perbaikan ataupun penambahan fitur jika kemampuan developer hanya sebatas mengganti gambar saja? Untuk itu kami tidak menjual source code kami ke pihak manapun agar tidak ada pihak yang dirugikan.

  23. Apakah BaliMobi menerima reseller?
    Berhati-hatilah dalam membeli aplikasi! Saat ini banyak pihak tidak bertanggung jawab yang mengaku developer ternyata cuma reseller. Reseller hanya menjembatani proses transkasi untuk meraup untung tanpa bertanggung jawab atas aplikasi yang dijual. Begitu aplikasi bermasalah, reseller enggan bertanggung jawab. Akhirnya uang yang anda keluarkan untuk membeli aplikasi terbuang percuma. Untuk itu kami menghindari penjualan melalui reseller. Jika anda memesan aplikasi ojek online, pastikan anda membeli pada developer profesional. Bijaklah dalam memilih developer!

  24. Bagaimana ketentuan layanan BaliMobi?
    Sebelum melakukan pemesanan aplikasi ojek online, pastikan anda sudah membaca, mengerti dan setuju dengan ketentuan layanan BaliMobi. Ketentuan layanan ini berguna untuk menghindari adanya kesalahpahaman dan/atau kerugian yang mungkin diderita baik salah satu ataupun kedua belah pihak. Berikut ini rincian ketentuan layanan tersebut.
    1. Pembelian menggunakan mekanisme Beli Putus (Bukan Kontrak). Artinya setelah perusahaan klien melakukan pembelian maka hak dan tanggung jawab atas sistem yang dipesan sepenuhnya menjadi milik perusahaan klien tersebut. Perusahaan klien tidak membayar tagihan dalam jumlah tertentu setiap waktu tertentu kepada kami. Kami tidak dikontrak dalam jangka waktu tertentu untuk bekerja kepada perusahaan klien.
    2. Sistem yang dibeli sesuai dengan spesifikasi pada prototype/demo aplikasi kami. Silahkan mencoba demo aplikasi ojek online kami sebelum melakukan pemesanan.
    3. BaliMobi tidak menjual source code. Aplikasi ojek online yang perusahaan klien pesan tidak termasuk source code aplikasi tersebut.
    4. Server (Domain, SSL, VPS, dll) menggunakan jasa Niagahoster (www.niagahoster.co.id). Server menjadi tanggung jawab pihak penyedia layanan tersebut.
    5. Tagihan untuk perpanjangan sewa server (Domain, SSL, VPS, dll) setelah satu tahun bukan merupakan tanggung jawab kami. Tagihan untuk penggunaan layanan pihak ketiga (SMS Gateway, Google Maps Platform, dll) bukan merupakan tanggung jawab kami.
    6. Seluruh layanan pihak ketiga (Domain, SSL, VPS, SMS Gateway, Google Maps Platform, dll) merupakan hak dan tanggung jawab dari masing-masing pihak penyedia layanan tersebut. Pihak ketiga sebagai penyedia layanan berhak melakukan perubahan, penambahan, pengurangan, penghentian layanan dan/atau ketentuan layanan. Ketersediaan, perubahan, penambahan, pengurangan, penghentian layanan dan/atau ketentuan layanan yang dilakukan dan disediakan oleh pihak ketiga bukan merupakan tanggung jawab kami. Perusahaan klien sebagai pengguna layanan wajib mengerti dan setuju dengan ketentuan layanan masing-masing penyedia layanan tersebut.
    7. Alur pemesanan menggunakan alur pemesanan BaliMobi yang dapat dilihat disini
    8. Jika ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan. Jika tidak, maka kami anggap perusahaan klien mengerti dan setuju dengan ketentuan layanan kami.
Demikian beberapa informasi yang dapat kami sampaikan terkait aplikasi ojek online karya BaliMobi. Jika ada hal lain yang ingin anda tanyakan, jangan ragu untuk menghubungi kami via kontak yang sudah tersedia.





BaliMobi merupakan penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Android, Aplikasi IOS dan Website. BaliMobi menawarkan kualitas layanan yang Handal, Cepat dengan Biaya Terjangkau.

Telp:0877 6272 1414
WA:0877 6272 1414
Email:info@balimobi.com
Alamat:
Jln. Damai, Gg. Kamboja No 22
Ds. Kalibukbuk, Kab. Buleleng
Bali - Indonesia

ARTIKEL TERBARU


Aplikasi Ojek Online IOS Iphone Dan Ipad Aplikasi Ojek Online IOS Iphone Dan Ipad

Pembuatan Aplikasi Ojek Online Versi 5 Pembuatan Aplikasi Ojek Online Versi 5

Pembuatan Aplikasi Ojek Online Versi 4 Pembuatan Aplikasi Ojek Online Versi 4

Pertanyaan Seputar Aplikasi Ojek Online BaliMobi Pertanyaan Seputar Aplikasi Ojek Online BaliMobi

Cara Membuat Aplikasi Ojek Online Seperti Gojek Cara Membuat Aplikasi Ojek Online Seperti Gojek




BALIMOBI INDONESIA © 2020