Logo BaliMobi
Logo BaliMobi



Penyebab Utama Usaha Ojek Online Bisa Gagal

By BaliMobi on Kamis, 10 Juni 2021
Penyebab Utama Usaha Ojek Online Bisa Gagal

Kenapa usaha ojek online bisa gagal? Apakah penyebab utama usaha ojek online bisa gagal? Jika anda ingin membuka usaha ojek online dan ingin tahu apa saja alasan mengapa usaha ojek online bisa gagal, informasi berikut ini menarik untuk anda cermati.

Sejak GOJEK dan GRAB sebagai pionir usaha ojek online mulai dikenal di Indonesia, banyak pengusaha ikut mencoba membuka usaha ojek online di berbagai daerah. Potensi usaha ojek online di Indonesia yang sangat besar membuat banyak pengusaha tertarik untuk mencoba mebuka usaha ojek online. Tapi sayang sekali tidak semua usaha ojek online berjalan mulus. Banyak usaha ojek online yang pada akhirnya tutup ataupun tidak berkembang.

Berdasarkan pengalaman kami selama 6 tahun mengembangkan aplikasi ojek online, berikut ini alasan utama yang membuat usaha ojek online bisa gagal. Informasi ini kami sampaikan bukan untuk menyudutkan pihak manapun, melainkan untuk bahan edukasi untuk anda yang ingin membuka usaha ojek online sehingga anda tidak melakukan kesalahan yang sama.

Alasan Utama Usaha Ojek Online Bisa Gagal

Berikut ini beberapa penyebab utama usaha ojek online bisa gagal yang tentunya perlu anda hindari jika anda ingin membuka usaha ojek online :

  1. Hanya Ikut-Ikutan
    Penyebab utama usaha ojek online bisa gagal adalah pengusaha yang membuka usaha ojek online dengan dasar “Ikut-Ikutan”. Hal ini tidak terlepas dengan banyaknya developer yang menawarkan aplikasi murah, yang tentunya memiliki kualitas sesuai harganya (murahan). Pegusaha yang sekedar ikut-ikutan akan teratarik membeli aplikasi murah, dengan harapan “modal keci, untung besar”.
    Dan bisa ditebak, dengan aplikasi murahan tersebut mereka tidak bisa bersaing dengan kompetitor. Jadi jangan heran jika saat ini ada ratusan aplikasi ojek online di Google Playstore, namun mayoritas diantaranya memiliki jumlah download yang tidak sampai 10.000 download.
  2. Mindset Usaha Yang Kurang Tepat
    Banyak pengusaha ojek online yang berasal dari kalangan pengusaha konvensional. Sayang sekali perusahaan IT seperti usaha ojek online tidak sama seperti “jualan beras” yang cenderung memiliki mekanisme yang sama dari tahun ke tahun.
    Pada usaha bidang IT seperti usaha ojek online, anda dituntut untuk terus mengikuti perubahan. Perubahan teknologi, perubahan kebutuhan masyarakat, perubahan aturan pemerintah, perubahan layanan dan ketentuan layanan pihak lain dan berbagai perubahan lainya.
    Jadi jika anda berharap membeli satu aplikasi untuk digunakan selama 1 tahun tanpa perubahan, penambahan fitur ataupun maintenance, maka kami sarankan untuk TIDAK membuka usaha ojek online.
  3. Tidak Inovatif & Kreatif
    Penyebab usaha ojek online bisa gagal berikutnya adalah mindset pengusaha yang sekedar ikut-ikutan dikombinasi dengan mindset usaha konvensional membuat banyak pengusaha menjadi tidak kreatif dan inovatif. Usaha ojek online menuntut anda untuk berinovasi dengan menghadirkan fitur-fitur dan layanan baru serta kreatif mencari berbagai peluang untuk dapat memberikan nilai lebih dibanding kompetitor.
    Idealnya anda perlu melakukan update setiap 3-6 bulan. Baik berupa penambahan layanan, penambahan fitur ataupun optimasi aplikasi. Jika anda masih berfikir untuk menggunakan aplikasi yang sama untuk digunakan selama 1 tahun tanpa perubahan, penambahan fitur ataupun maintenance, maka jangan berharap usaha ojek online anda bisa bertahan.
    Perusahaan seperti GOJEK dan GRAB sejak awal membuka usaha hingga detik ini masih terus melakukan inovasi dengan berbagai penambahan fitur dan layanan. Hal ini terlihat dari aplikasi yang terus diupdate dari waktu ke waktu. Jadi jangan heran setelah sekian tahun berlalu mereka tetap eksis di hati masyarakat.
  4. Tidak Menggunakan Teknologi Yang Up To Date
    Penyebab usaha ojek online bisa gagal berikutnya adalah menggunakan teknologi yang tidak up to date. Idealnya anda perlu melakukan update setiap 1-6 bulan, baik berupa penambahan layanan, penambahan fitur ataupun sekedar perbaikan aplikasi. Pada usaha bidang IT seperti usaha ojek online, anda dituntut untuk terus mengikuti perubahan. Baik berupa perubahan teknologi, perubahan kebutuhan masyarakat, perubahan aturan pemerintah, perubahan layanan dan ketentuan layanan pihak lain dan berbagai perubahan lainya.
    Minimal anda harus melakukan update aplikasi setiap tahun, karena OS Android terbaru selalu hadir setiap tahun. Untuk itu anda harus melakukan berbagai penyesuaian agar aplikasi anda tetap berfungsi optimal pada OS Android terbaru setiap tahunnya.
  5. Tidak Membuka Cabang Di Daerah Lain
    Banyak usaha ojek online yang pada akhirnya harus tutup karena bersikeras tidak membuka cabang di daerah lain. Entah karena kebijakan perusahaan ataupun teknologi yang belum memadai untuk membuka cabang.
    Jika anda membuka usaha hanya pada satu daerah dan kebetulan daerah tersebut mengalami kendala seperti PSBB, PPKM dan sejenisnya maka usaha anda akan berhenti total. Situasi akan berbeda jika anda membuka cabang di berbagai daerah. Jika satu daerah mengalami kendala maka masih ada daerah lain yang menopang usaha anda.
  6. Daerah Usaha Yang Kurang Tepat
    Salah satu alasan anda wajib membuka cabang karena sering kali ada daerah usaha yang kurang tepat untuk usaha ojek online. Kurang tepat yang kami maksud disini seperti koneksi internet di daerah yang belum memadai, masyarakat yang belum melek teknologi, daerah yang terlalu kecil sehingga belum membutuhkan layanan transportasi online, daerah yang terlalu padat dengan kompetitor dan lain lain.
    Jadi jika anda membuka usaha ojek online maka kami sangat merekomendasikan untuk membuka cabang di berbagai daerah sehingga setiap daerah bisa saling menopang satu sama lain. Tentunya untuk dapat membuka cabang di berbagai daerah, anda perlu teknologi yang memadai.
  7. Tidak Memiliki Tim Yang Memadai
    Penyebab gagal usaha ojek online yang terbilang aneh adalah tidak memiliki tim yang memadai, khususnya tim IT. Perusahaan ojek online bukan perusahaan transportasi, melainkan perusahaan IT. Untuk itu seharusnya perusahaan ojek online memiliki tim IT yang memadai.
    Nyatanya dari pengalaman kami, banyak perusahaan ojek online yang tidak memiliki tim IT yang memadai, bahkan untuk sekedar melakukan setting smartphone. Jadi tidak heran banyak perusahaan ojek online yang akhirnya gagal ataupun tidak berkembang.

Demikian beberapa alasan utama usaha ojek online bisa gagal. Informasi ini kami rangkum berdasarkan pengalaman kami selama 6 tahun menjadi developer aplikasi ojek online. Kami sebagai developer aplikasi ojek online selalu berusaha sebaik mungkin untuk menghadirkan aplikasi yang berkualitas dan up to date serta memberikan berbagai saran kepada klien kami. Hanya saja, maju atau tidaknya usaha ojek online sangat tergantung dari kemampuan pengusaha ojek online dalam menjalankan usaha. Kami sebagai developer hanya bisa memberikan saran berdasarkan pengalaman kami, sementara untuk kebijakan perusahaan anda sepenuhnya ada ditangan anda.

Jika anda tidak ingin gagal dalam membuka usaha ojek online, pastikan untuk tidak mengulangi kesalahan seperti pada poin-poin yang kami sampaikan diatas. Dimanapun anda memesan aplikasi ojek online, semoga usaha ojek online anda lancar dan bisa berkembang pesat karena dengan membuka usaha ojek online, anda sudah turut membuka lapangan pekerjaan, memberi kesejahteraan dan kemudahan bagi masyarakat Indonesia.




4 / 5 ( 26 Votes )





BaliMobi merupakan penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Android, Aplikasi IOS dan Website. BaliMobi menawarkan kualitas layanan yang Handal, Cepat dengan Biaya Terjangkau.

Telp:0877 6272 1414
WA:0877 6272 1414
Email:info@balimobi.com
Alamat:
Jln. Damai, Gg. Kamboja No 22
Ds. Kalibukbuk, Kab. Buleleng
Bali - Indonesia

ARTIKEL TERBARU


Pembuatan Aplikasi Ojek Online Versi 6 Pembuatan Aplikasi Ojek Online Versi 6

Trik Cara Setting Samsung Agar Order Driver Ojek Online Gacor Trik Cara Setting Samsung Agar Order Driver Ojek Online Gacor

Rincian Biaya Pembuatan Aplikasi Ojek Online Mirip Gojek Rincian Biaya Pembuatan Aplikasi Ojek Online Mirip Gojek

Penyebab Utama Usaha Ojek Online Bisa Gagal Penyebab Utama Usaha Ojek Online Bisa Gagal

Aplikasi Ojek Online IOS Iphone Dan Ipad Aplikasi Ojek Online IOS Iphone Dan Ipad




BALIMOBI INDONESIA © 2021