Logo BaliMobi
Logo BaliMobi



Pembagian Tugas Karyawan Usaha Ojek Online

By BaliMobi on Senin, 27 Januari 2020
Pembagian Tugas Karyawan Usaha Ojek Online

Jika anda membuka usaha ojek online, tentu anda membutuhkan sebuah tim atau karyawan untuk menjalankan usaha ojek online tersebut. Hanya saja banyak pengusaha ojek online masih bingung dalam menyiapkan karyawan serta pembagian tugas masing-masing karyawan. Berikut ini kami akan menjelaskan karyawan dan pembagian tugas karyawan pada usaha ojek online.

Pembagian karyawan serta tugas masing-masing karyawan dibawah ini ditujukan untuk perusahaan rintisan, sehingga struktur organisasi perusahaan kami buat sedemikian rupa agar bisa efektif dan efisien. Untuk efisiensi maka karyawan pada usaha ojek online dibuat merangkap beberapa posisi sekaligus sehingga meskipun dengan SDM terbatas tetap bisa menjalankan usaha ojek online.

  1. Direktur / CEO / Owner
    Untuk perusahaan ojek online yang baru merintis umumnya posisi direktur dan CEO dipegang langsung oleh owner perusahaan itu sendiri. Owner bertugas untuk mengambil kebijakan dan menentukan arah serta strategi perusahaan. Posisi ini paling penting dalam usaha ojek online mengingat maju atau tidaknya usaha ojek online tergantung dari pengambilan keputusan oleh Owner. Jika anda sebagai Owner tidak memiliki keahlian dalam menjalankan usaha ojek online, maka merekrut CEO berpengalaman merupakan pilihan yang bijak.
  2. Administrator
    Peran yang tidak kalah penting adalah Administrator. Administrator bertugas menjalankan usaha ojek online melalui fitur-fitur pada web administrator.
    Tugas tersebut mulai dari penerimaan driver, penerimaan merchant, memantau data transaksi, pengaturan tarif, pembuatan laporan dan beragam tugas lainnya. Dalam menjalankan tugasnya, seorang Administrator akan menggunakan fitur-fitur pada web administrator.
  3. Karyawan Bagian IT
    Usaha ojek online merupakan perusahaan IT (bukan perusahaan transportasi) untuk itu keberadaan Tim IT sudah tentu sangat penting. Minimal anda harus memiliki satu orang karyawan dibidang IT untuk mengatasi kendala-kendala lokal dan insidental. Contoh kendala lokal dan insidental seperti kendala pada komputer, printer, jaringan internet, setting smartphone dan lain lain. Jika anda selaku Owner tidak memiliki latar belakang di bidang IT kemungkinan anda akan kesulitan dalam mengerti istilah-istilah IT. Untuk itu tim IT juga bertugas memberi penjelasan terkait istilah di bidang IT.
  4. Karyawan Bagian Keuangan
    Dalam usaha ojek online, karyawan keuangan memiliki beragam tugas seperti penerimaan dana top up saldo, menerima pembayaran jaket / helm, pencairan dana ke driver, membuat laporan keuangan dan segala sesuatu terkait keuangan perusahaan. Karyawan divisi keuangan bertugas untuk mengurusi aliran dana termasuk dana tunai. Sementara untuk mutasi pada sistem, bagian keuangan bisa bekerjasama dengan Administrator.
  5. Koordinator Driver
    Koordinator Driver merupakan karyawan yang bertugas untuk berbagai hal terkait dengan driver seperti rekrutmen driver, penyebaran lokasi mangkal driver, mengatasi kendala driver, orientasi driver baru, menyerap saran dan masukan driver, menjaga hubungan baik antara driver dengan perusahaan, dan masih banyak lagi. Koordinator driver merupakan orang yang mengerti kondisi dilapangan dan keluh kesah driver sehingga posisi ini sangat vital pada usaha ojek online. Jika pada perusahaan lain, koordinator driver sama seperti HRD.
  6. Koordinator Merchant
    Koordinator merchant bertugas untuk beragam hal terkait dengan merchant ojek online. Merchant yang dimaksud disini adalah toko dan rumah makan yang bekerjasama dengan perusahaan ojek online. Tugas koordinator merchant mulai dari mengajak merchant berkerjasama, membantu pendaftaran merchant, memvalidasi perubahan data merchant dan perubahan data menu, menganalisa penjualan merchant, menempatkan media promosi usaha ojek online di lokasi merchant dan masih banyak lagi.
  7. Customer Service
    Sesuai namanya, customer service bertugas untuk beragam hal terkait dengan pelanggan / customer. Tugas customer service termasuk pada menanggapi keluhan pelanggan, membantu pelanggan saat menemui kendala dalam menggunakan layanan ojek online, menerima masukkan dari pelanggan dan masih banyak lagi. Secara umum tugas customer service berupa menanggapi keluhan pelanggan baik via telpon, email, WA bahkan hingga ulasan di Google Playstore. Semua saran dan masukkan dari pelanggan tersebut nantinya dikumpulkan dan di analisa untuk memudahkan owner dalam mengambil keputusan guna menghadirkan layanan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan.
  8. Marketing
    Bagian yang sangat penting dalam usaha ojek online adalah marketing. Agar usaha ojek online bisa berjalan tentu anda membutuhkan bagin merkting untuk mengenalkan usaha ojek online anda kepada masyarakat. Divisi marketing tidak hanya terbatas pada mengajak masyarakat untuk menjadi pelanggan tetapi sekaligus mengajak masyarakat untuk menjadi driver serta mengajak toko dan rumah makan untuk mendaftar sebagai merchant dan menjual produk pada aplikasi.
    Marketing termasuk pada pemasaran secara offline dan online. Pemasaran secara offline misalnya memasang baliho, menyebar brosur dan beragam cara lain untuk memperkenalkan usaha ojek online. Sementara pemasaran secara online bisa dilakukan melalui media sosial seperti Instagram, Facebook Page, Group Facebook, Twitter, Group WA dll.

Demikian karyawan dan pembagian tugas karyawan yang setidaknya harus ada pada usaha ojek online. Jika usaha ojek online sudah semakin berkembang maka tentu perlu struktur yang lebih kompleks, lebih banyak karyawan dan penugasan yang lebih spesifik. Informasi diatas hanya sebagai gambaran pembagian tugas karyawan usaha ojek online sehingga masih bisa anda tambah ataupun kurangi sesuai kebijakan perusahaan. Sebagai contoh Administrator bisa merangkap sebagai karyawan IT dan Keuangan.

Semoga informasi diatas bisa membantu anda dalam membuka usaha ojek online. Dan jika anda membutuhkan aplikasi ojek online berkualitas, percayakan pembuatan aplikasi ojek online anda pada BaliMobi. Kami sudah berpengalaman dalam membuat aplikasi ojek online dengan puluhan klien, puluhan ribu driver dan ratusan ribu user di seluruh Indonesia. Pesan sekarang juga dan jadilah pengusaha sukses dibidang usaha ojek online.





BaliMobi merupakan penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Android, Aplikasi IOS dan Website. BaliMobi menawarkan kualitas layanan yang Handal, Cepat dengan Biaya Terjangkau.

Telp:0877 6272 1414
WA:0877 6272 1414
Email:info@balimobi.com
Alamat:
Jln. Damai, Gg. Kamboja No 22
Ds. Kalibukbuk, Kab. Buleleng
Bali - Indonesia

ARTIKEL TERBARU


Pembuatan Aplikasi Ojek Online Versi 6 Pembuatan Aplikasi Ojek Online Versi 6

Aplikasi Ojek Online IOS Iphone Dan Ipad Aplikasi Ojek Online IOS Iphone Dan Ipad

Pembuatan Aplikasi Ojek Online Versi 5 Pembuatan Aplikasi Ojek Online Versi 5

Pertanyaan Seputar Aplikasi Ojek Online BaliMobi Pertanyaan Seputar Aplikasi Ojek Online BaliMobi

Tips Cara Optimasi Aplikasi Driver Ojek Online Tips Cara Optimasi Aplikasi Driver Ojek Online




BALIMOBI INDONESIA © 2021