Jasa Pembuatan Aplikasi Android Murah Berkualitas di Bali Portfolio Jasa Pembuatan Aplikasi Android di Bali Blog Developer Aplikasi Android Murah Berkualitas Contact Jasa Pembuatan Aplikasi Android Murah Berkualitas di Bali

Tips Cara Membuka Usaha Ojek Online Di Daerah

By BaliMobi on Selasa, 18 Juni 2019

Tips Cara Membuka Usaha Ojek Online Di Daerah

Setelah membuka usaha sebagai developer aplikasi ojek online sejak tahun 2015, kami ingin berbagi Tips Cara Membuka Usaha Ojek Online di Daerah untuk anda. Sebagai penyedia jasa pembuatan aplikasi ojek online, kami banyak sharing dan berbagi pengalaman dengan klien kami para pengusaha ojek online. Dari pengalaman tersebut, berikut ini kami akan memberikan beberapa tips untuk anda yang ingin membuka usaha di bidang ojek online.

Potensi usaha ojek online di Indonesia memang sangat besar. Banyak pengusaha di daerah tertarik membuka usaha ojek online. Tapi sama seperti bidang usaha lainya, bisnis di bidang ojek online juga membutuhkan strategi dan menajemen bisnis memadai. Jadi jangan heran jika dari sekian banyak usaha ojek online, tidak sedikit yang pada akhirnya tutup ataupun tidak berkembang. Jika ingin membuka usaha ojek online, Tips Cara Membuka Usaha Ojek Online berikut ini sangat penting untuk diperhatikan.

    1. Perhatikan Pengeluaran dan Pemasukan Perusahaan Ojek Online

    Pengeluaran dan pemasukan perusahaan merupakan bagian paling penting untuk diperhatikan dari daftar tips cara membuka usaha ojek online. Dari sekian banyak perusahaan ojek online yang sudah ada, sebagian besar akhirnya menutup usaha karena tidak seimbangnya antara pemasukan dengan pengeluaran. Hal ini terjadi karena buruknya manajemen perusahaan dan pengambilan kebijakan asal-asalan. Pengusaha yang kurang memperhatikan pengeluaran dan pemasukan sering kali salah dalam mengambil kebijakan sehingga melakukan beragam kesalahan seperti promosi tidak efektif, gagal mengkonversi user menjadi pelanggan, biaya layanan tidak masuk akal akibat perang harga dengan kompetitor, sumber pemasukan terbatas hingga beragam pemborosan sehingga membuat perusahaan menderita kerugian.

    2. Kreatif Dalam Mencari Sumber Pemasukan

    Sebagai pengusaha, kejelian dalam melihat peluang sumber pemasukan sangat dibutuhkan. Sering kali pengusaha hanya ikut-ikutan sehingga gagal dalam memaksimalkan potensi dari usaha ojek online. Pada tips membuka usaha ojek online berikut ini akan kami berikan informasi sumber pemasukan dibidang usaha ojek online:
    1. Bagi Hasil Dengan Driver
    2. Ojek Online Sebagai Media Promosi
    3. Fee Merchant
    4. Ads / Iklan
    5. Atribut Ojek Online
    6. Kerjasama Dengan Pihak Lain
    Demikian beberapa sumber pemasukan usaha ojek online. Tentunya jika pengusaha lebih kreatif dan inovatif maka akan ada lebih banyak lagi sumber pemasukan bagi perusahaan ojek online.

    3. Hindari Pengeluaran Yang Tidak Perlu

    Seberapa besarpun pemasukan tidak ada artinya jika perusahaan terus melakukan pemborosan. Dengan menekan pengeluaran yang tidak perlu, perusahaan akan mendapat lebih banyak keuntungan dari pemasukan perusahaan. Pemborosan seringkali diakibatkan oleh pengambilan kebijakan asal-asalan. Contoh pemborosan tersebut seperti : biaya promosi kurang tepat sasaran, biaya upgrade server akibat data-data tidak di optimasi sehingga membebani server, biaya penggunaan layanan pihak ketiga boros akibat sistem tidak efektif dan efisien serta biaya gaji karyawan membengkak akibat pembagian tugas dan kinerja karyawan tidak sesuai harapan.

    4. Batasi Daerah Membuka Usaha Ojek Online

    Masih banyak pengusaha beranggapan semakin luas daerah usaha ojek online akan semakin baik. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Jika area usaha terlalu luas, maka user dan driver akan tersebar dengan jarak berjauhan. Jarak yang saling berjauhan membuat order sulit dilayani karena tidak sebanding antara jarak menuju lokasi penjemputan pelanggan dengan hasil yang di dapat dari order tersebut.
    Disisi lain, perusahaan ojek online mendapatkan keuntungan dari order yang berhasil/selesai. Meski perusahaan memiliki banyak driver dan user, jika tidak ada transaksi berhasil/selesai maka perusahaan ojek online tetap tidak mendapat keuntungan. Jadi jangan heran jika perusahaan seperti Grab dan Gojek menutup layanan di kota-kota yang dianggap kurang potensial dan hanya fokus pada daerah potensial saja.

    5. Seimbangkan Rasio Jumlah Driver dan User

    Saat ini masih banyak pengusaha beranggapan semakin banyak driver dan user akan semakin baik. Meski jumlah driver dan user banyak, rasio atau perbandingan antara jumlah driver dengan user punya pengaruh sangat penting. Idealnya perbandingan jumlah driver sekitar 1 : 100 (1 driver untuk 100 user).
    Jika jumlah driver dibanding user terlalu banyak, maka persaingan antara driver akan terlalu ketat. Banyak driver tidak mendapat order hingga akhirnya driver memutuskan berhenti menjadi mitra perusahaan ojek online (berhenti ngaspal). Anda sebagai pengusaha tentu perlu memperhatikan kesejahteraan driver dan memastikan driver mendapat order dengan merata.
    Sebaliknya jika driver terlalu sedikit maka banyak order tidak bisa ditangani atau pelanggan menunggu terlalu lama. Pelanggan kecewa akhirnya akan berpindah ke sarana transportasi lain ataupun menggunakan jasa ojek online lain.

    6. Lakukan Promosi Efektif dan Efisien

    Saat membuka usaha ojek online, perusahaan ojek online tentu perlu melakukan promosi agar usaha ojek online dikenal masyarakat. Tahapan promosi pada usaha ojek online ada 2. Pertama menjadi lebih dikenal dan mendapat user baru. Kedua mengkonversi user baru menjadi pelanggan.
    Seringkali pengusaha gagal melakukan tahapan kedua. Perusahaan ojek online awalnya memberikan promo berupa subsidi biaya perjalanan sehingga banyak user yang mendaftar dan menggunakan jasa ojek online tersebut. Tapi setelah masa promosi habis dan subsidi dihentikan, user malah tidak lagi menggunakan jasa ojek online tersebut.
    Ini berarti user baru gagal dikonversi menjadi pelanggan. Padahal yang perusahaan ojek online butuhkan adalah pelanggan. Tentu perusahaan ojek online tidak mungkin terus-terusan memberikan subsidi sebab perusahaan perlu mendapat keuntungan agar dapat tetap menjalankan usaha. Hal ini membuat perusahaan bermodal kecil dengan cepat kehabisan modal sebelum perusahaan mendapat untung.
    Untuk itu perusahaan ojek online perlu melakukan promosi efektif dan efisien. Jangan hanya meniru strategi perusahaan lain. Untuk menghemat biaya promosi, perusahaan ojek bisa melakukan promosi gratis dengan cara aktif di media sosial dan mengiklankan usaha ojek online di group market place. Anda juga bisa rajin membalas komentar ataupun pertanyaan pada media sosial serta review di Google Playstore. Dengan demikian konsumen anda akan merasa diperhatikan. Tidak semua konsumen ingin biaya murah, tidak sedikit konsumen yang ingin layanan berkualitas meski harus membayar dengan biaya lebih tinggi.
    Jika perusahaan ojek online ingin memberi reward, lebih baik memberi reward pada pelanggan setia (sering melakukan order) dibanding memberi promo pada user kutu loncat yang hanya menggunakan layanan ojek online saat ada promo saja. Jika ingin usaha jangka panjang, perusahaan ojek online membutuhkan adalah pelanggan, bukan user musiman.

    7. Kenali Pelanggan dan Daerah Anda

    Dalam membuka usaha ojek online lokal, anda memiliki kelebihan dengan dapat mengenali karakteristik pelanggan dan daerah anda. Setiap daerah memiliki karakter yang berbeda-beda. Sebagai contoh jika daerah anda memiliki banyak tempat wisata kuliner, maka layanan pemesanan makanan akan lebih dominan. Hal inilah yang bisa perusahaan ojek online optimalkan untuk menghadirkan layanan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di daerah anda.
    Beberapa daerah bahkan memiliki sarana transportasi khas, misal Labi Labi di Aceh. Dengan mengakomodasi sarana tranportasi tersebut, perusahaan ojek online memiliki nilai lebih dibanding kompetitor seperti ojek online berskala nasional.

    8. Berikan Nilai Lebih Dibanding Kompetitor

    Persaingan di bidang usaha ojek online tidak selalu berupa perang harga. Sebagai putra daerah anda tentu tahu betul daerah dan juga kebutuhan masyarakat di daerah tersebut. Dengan bermain di pasar lokal perusahaan ojek online memiliki kelebihan berupa kemudahan dalam mengambil kebijakan yang sesuai dengan demografi daerah tersebut. Jika anda memahami kebutuhan masyarakat dan dapat menghadirkan layanan yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut maka anda sudah memiliki nilai lebih dibanding kompetitor. Dengan target pasar yang tepat dan produk/jasa yang tepat, perusahaan ojek online tidak perlu menjual layanan ojek online dengan biaya murah.

    9. Gunakan Aplikasi Terbaru Dan Berkualitas

    Memulai usaha ojek online memang identik dengan penggunaan aplikasi. Perusahaan ojek online merupakan perusahaan IT (bukan perusahaan transportasi), untuk itu menghadirkan aplikasi berkualitas merupakan salah satu fokus utama dalam usaha ojek online. Tidak cukup dengan aplikasi berkualitas, hendaknya aplikasi yang di gunakan merupakan aplikasi dengan teknologi terbaru dan up to date. Idealnya aplikasi ojek online di update minimal 6 bulan sekali. Update aplikasi bertujuan untuk mengatasi bugs, penambahan fitur serta beragam penyesuaian agar dapat berfungsi optimal dan efisien. Sebagai pengusaha ojek online, anda bisa mempertimbangkan saran dari user sebagai acuan pengembangan aplikasi tersebut.

    10. Miliki Tim IT Yang Handal

    Perusahaan ojek online merupakan perusahaan IT (bukan perusahaan transportasi), untuk itu keberadaan tim IT merupakan hal wajib dalam bidang usaha ojek online. Sebagai perusahaan IT, peran tim IT ada di sebagin besar usaha ojek online. Mulai dari optimasi data harian, menangani kendala insidental, training/membantu driver, menanggapi dan memberi solusi untuk kendala yang ditemui user, memberi saran serta penjelasan kepada manajemen untuk hal-hal bersifat teknis dan masih banyak lagi. Perusahaan ojek online yang tidak memiliki tim IT sama seperti rumah makan tidak memiliki chef, lantas apakah petugas cleaning service yang anda tugaskan memasak? Pastikan perusahaan ojek online memiliki tim IT yang handal!

    11. Optimasi Data Secara Berkala

    Server memiliki keterbatasan resources, untuk itu optimasi dan efisiensi wajib perusahaan ojek online lakukan agar sistem dapat berfungsi optimal. Seiring berjalanya waktu, data pada server ojek online akan semakin besar seperti data user, driver, merchant, transaksi dan lain lain. Semakin besar data maka semakin berat juga tugas server dalam memproses data tersebut. Dibanding harus mengeluarkan biaya tambahan untuk mengupgrade server, akan lebih mudah jika anda menugaskan tim IT untuk melakukan optimasi data secara berkala.
    Optimasi data bukanlah hal sulit. Anda cukup menghapus data tidak berguna sehingga dapat meringankan beban server. Data tidak berguna tersebut seperti data driver yang mendaftar tapi tidak pernah aktif atau sudah diblokir, data pendaftaran user yang sudah lama tidak diaktivasi, data merchant tidak valid /duplikat, dan data-data lain yang tidak lagi berguna untuk sistem. Meski mudah, tetap harus berhati-hati dalam menghapus data sebab sekali dihapus data tersebut tidak bisa dikembalikan lagi. Ini merupakan tugas tim IT dalam mengidentifikasi data mana yang bisa dihapus dengan aman.

    12. Optimalkan Kerja Admin Dan Customer Service

    Disamping tim IT, perusahaan ojek online wajib memiliki Admin dan Customer Service. Admin bertugas mengurusi proses pendaftaran serta beragam pengolahan data melalui web admin. Salah satu tugas admin paling utama adalah melakukan validasi data, khususnya data pendaftaran. Pastikan data pendaftaran valid, lengkap dan memiliki format yang sesuai serta di cek kebenaranya. Sebagai contoh pada pendaftaran driver, admin berkewajiban memastikan data yang di input driver saat pendaftaran sudah benar berdasarkan berkas-berkas yang ada.
    Selain admin, customer service juga memiliki peran penting dalam usaha ojek online. Customer service bertugas untuk menanggapi dan memberi solusi atas kendala yang dihadapi konsumen. Customer service juga bertugas menjawab dan menjelaskan pertanyaan yang dilontarkan user.
    Dari sekian banyak perusahaan ojek online yang kami temui justru tidak memiliki admin dan customer service. Hasilnya banyak data tidak valid, asal terima driver dan sama sekali tidak merespon pertanyaan user. Jadi tidak heran user malah beranggapan usaha ojek online tersebut sudah tutup.

    13. Rekrut Driver Ojek Online Profesional

    Ketika membuka usaha ojek online, driver merupakan ujung tombak usaha ojek online. Seberapa canggihpun sistem dan manajemen bisnis anda tidak akan berarti jika driver anda abal-abal. Driver adalah orang yang berhadapan langsung dengan konsumen sehingga baik buruknya citra perusahaan ada di tangan driver. Jika driver tidak ramah ataupun tidak sopan, bukan driver yang menanggung akibatnya tapi citra perusahaan anda yang akan tercoreng. Perusahaan ojek online bisa saja putus kerjasama dengan driver tersebut, driver tersebut akan dengan mudah saja pindah ke perusahaan ojek online lain. Sementara citra perusahaan anda yang sudah terlanjur buruk akan sulit untuk diperbaiki. Apakah anda akan mempertaruhkan citra perusahaan ditangan driver abal-abal? Pilihan ada di tangan anda.

    14. Bekerjasama Dengan Perusahaan Lain

    Ingin usaha ojek online bertahan lama, sudah saatnya anda bekerjasama dengan perusahaan lain. Misal dengan bengkel dimana driver bisa mendapat diskon perbaikan kendaraan, rumah makan menyediakan tempat untuk driver menunggu order ataupun kampus yang memiliki usaha ojek online khusus untuk mahasiswa. Dengan bekerjasama, perusahaan ojek online akan mendapat beragam kemudahan untuk usaha ojek online anda.
Saat membuka usaha ojek online, kemampuan pengusaha dalam menjalankan usaha mutlak diperlukan agar usaha berjalan lancar. Secanggih apapun sistem dan sebanyak apapun modal yang anda miliki, tidak akan berguna jika anda tidak cakap dalam menjalankan usaha. Bekerjasama dengan tim yang ahli dibidangnya akan sangat membantu anda dalam menjalankan usaha ojek online, tapi pada akhirnya anda sebagai pengusaha ojek online yang menentukan kemana arah usaha akan anda kembangkan. Sudah siap membuka usaha ojek online? Semoga tips membuka usaha ojek online diatas bermanfaat untuk anda.

BaliMobi merupakan penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Android dan Website. BaliMobi menawarkan kualitas layanan yang Handal, Cepat dengan Biaya Terjangkau.
Phone : 0877 6272 1414
Email : info@balimobi.com
Address :
Jln. Damai, Gg. Kamboja No 22
Ds. Kalibukbuk, Kab. Buleleng
Bali - Indonesia




Latest Post


Pembuatan Aplikasi Ojek Online Versi 4 Pembuatan Aplikasi Ojek Online Versi 4

Pertanyaan Seputar Aplikasi Ojek Online BaliMobi Pertanyaan Seputar Aplikasi Ojek Online BaliMobi

Tips Cara Optimasi Aplikasi Driver Ojek Online Tips Cara Optimasi Aplikasi Driver Ojek Online

Tips Cara Membuka Usaha Ojek Online Di Daerah Tips Cara Membuka Usaha Ojek Online Di Daerah

Pembuatan Aplikasi Ojek Online Versi 3 Pembuatan Aplikasi Ojek Online Versi 3



BaliMobi © 2013 - 2019
Ketentuan Layanan | Sitemap